Pemprov Kalbar Gencar Promosikan Durian Kalbar

Pemenang Kontes Durian Unggul Kalbar pada perhelatan Festival Durian Bumi Khatulistiwa

Pemprov Kalbar Gencar Promosikan Durian Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKI FADRIANI
Penerima hadiah Kontes Durian Unggul Kalbar, Wawang bersama dengan Gubernur Kalbar, H Sutarmidji SH MHum di Festival Durian Bumi Khatulistiwa, pada Minggu, (25/8). 

Pemprov Kalbar Gencar Promosikan Durian Kalbar

PONTIANAK - Pemenang Kontes Durian Unggul Kalbar pada perhelatan Festival Durian Bumi Khatulistiwa yang diselenggarakan pada 24 Agustus lalu diobservasi oleh Dinas  Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar.

Durian Kunyit diobservasi sebagai tindakan cepat dari Distan TPH Kalbar untuk melihat morfologi durian asal Sekayam, Kabupten Sanggau tersebut.

Kadistan TPH Kalbar, Heronimus Hero, mengatakan dari observasi di lapangan, usia  Durian Kunyit sudah di atas 100 tahun. Namun, meski umurnya di atas 100 tahun, produktivitasnya masih tinggi. Hal ini dikarenakan berbuah ratusan butir per musim.

"Kita telah melakukan observasi di lapangan terutama ke pohon induk tunggal juara pertama Kontes Durian Unggul Kalbar 2019 yang berhasil memboyong Rp50 juta. Namanya Durian Kunyit asal Desa Sebongkuh, Kabupaten Sanggau. Kita langsung ke lokasi," ujar Heronimus Hero.

Baca: Heronimus: Transaksi di Festival Durian Bumi Khatulistiwa Capai Rp 2 Miliar

Baca: Mini Kontes Durian Punggur di Ayani Megamal, Sajikan Beragam Durian Unggulan dari Pal 1 Sampai 20

Baca: Jangan Lewatkan! Nanti Malam Grand Final Duta Pertanian Kalbar di Festival Durian Bumi Khatulistiwa

Selain itu, Durian Kunyit telah dimiliki oleh empat generasi. Saat ini, Durian Kunyit berada digenerasi keempat dan pak Dudu sebagai pemiliknya. Dalam setahun Durian Kunyit dapat berbuah dua kali. Dan diperkirakan, akhir tahun pohon durian tersebut akan kembali berbuah mengingat kini telah berbunga.

Saat di lapangan Hero didampingi langsung oleh Kabid Hortikultura dan Kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih serta beberapa anggota tim lainnya.

"Tim saat ke lapangan langsung melakukan observasi pohon induk tunggal, identifikasi dan dokumentasi morfologi tanaman. Itu semua untuk memastikan kondisi pohon dan identifikasi nya," papar Hero.

Ia berharap Durian Kunyit stabil sehingga bisa dilepas varietas nya untuk menyusul Durian Serumbut dan jenis - jenis durian unggul lainnya asal Kalbar.

"Kami dari Distan TPH Kalbar akan membantu dan melakukan pendampingan bagaimana Durian Kunyit ini bisa dilepas varietas nya oleh Kementan RI. Dengan begitu bisa dikembangkan dengan maksimal di Kalbar," kata dia.

Saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan gencar mempromosikan dan akan mengembangkan durian asal Kalbar. Sejumlah kegiatan digelar seperti Konten Durian Unggul Kalbar yang menjadi rangkaian dari Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019. Promosi dan dukungan datang langsung dilakukan oleh Gubernur Kalbar, Sutarmijdi.

Bahkan ia mengklaim bahwa durian di Kalbar khususnya yang ada di Sanggau adalah durian terbaik di dunia. Pengembangan dan promosi terus dilakukan sehingga berdampak pada pemilik durian dan kemajuan daerah.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved