Gali Potensi Desa, Mahasiswa KKN Revolusi Mental Untan 2019 Temukan Potensi Wisata

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Tanjungpura tahun 2019 di desa Temajuk, Kabupaten Sambas, menyelesaikan pengabdian di Desa Temajuk

Gali Potensi Desa, Mahasiswa KKN Revolusi Mental Untan 2019 Temukan Potensi Wisata
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Gali Potensi Desa, Mahasiswa KKN Revolusi Mental Untan 2019 Temukan Potensi Wisata dan Pengembangan Pupuk di Desa Temajuk 

Citizen Reporter
Mahasiswa Peserta KKN Untan
Iswanto

Gali Potensi Desa, Mahasiswa KKN Revolusi Mental Untan 2019 Temukan Potensi Wisata

PONTIANAK - Mahasiswa KKN Tematik Universitas Tanjungpura tahun 2019 di desa Temajuk, Kabupaten Sambas, menyelesaikan pengabdian di Desa Temajuk selama tiga puluh hari. semenjak tanggal 1 Agustus sampai 30 Agustus, mengusung Tema “Indonesia Bersih dan Indonesia Mandiri” dan berhasil menemukan potensi wisata serta pengembangan potensi Pupuk di Temajuk.

Dalam menggali potensi wisata, Tim KKN Tematik Untan melakukan obeservasi terhadap pantai, penangkaran Penyu, Wisata lintas batas negara.

Ketiga objek ini dinilai mampu dan atau memilik potensi dijadikan objek wisata karena panorama yang memukau, Mahasiswa juga mendokumentasikan keindahan, serta membuat video singkat tentang wisata di sini, karena keindahan alam yang belum terlalu terpenetrasi oleh perusahaan yang merusak alam.

Baca: FOTO: Menari Bersama Usai Doa Bersama Masyarakat Kalbar Untuk Negeri

Baca: Ratusan Mahasiswa Datangi DPRD Kabupaten Sambas

Baca: Gadis Indigo Frislly Herlind Ungkap Fakta Baru Horor KKN Desa Penari, Benarkah Cerita Nyata?

Gilang selaku peserta KKN menginisiasi program pelatihan dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). dengan memberikan edukasi cara pengambilan alam untuk promosi wisata termasuk dalam pemanfaatan sosial media, sadar akan potensi wisata mahasiswa KKN Untan melakukan upaya maksimal memberikan edukasi kepada masyarakat dan pembinaan terhadap Pokdarwis, serta memberikan edukasi untuk melakukan dan menjaga kebersihan tempat wisata.

Selain promosi wisata KKN RN Untan juga melakukan upaya pembakitan produksi terhadap usaha pertanian, sebagi upaya meningkatkan hasill panen, maka kelompok KKN RN Untan melakukan pengembangan i pupuk komposter dari sisa segala jenis sampah organik, sehingga masyarkat khususnya petani dapat memanfaatkan sampah menjadi lebih berguna.

Harapanya KKN RN Untan dapat berlanjut tiap tahun, sehingga pengembangan wisata dan potensi produksi wisata dapat terus berkembang, di berbagi desa yang ada di Kalimantan Barat.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved