Wisata Literasi Nasional 2019 Puncak Agenda di 2019, FIM Canangkan Roadshow se Kalbar

wisata literasi nasional yang mengundang Najwa Shihab bintang tamunya, adalah sebagai bentuk menyemarakkan untuk 1000 penulis yang menerbitkan bukunya

Wisata Literasi Nasional 2019 Puncak Agenda di 2019, FIM Canangkan Roadshow se Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUZAMMILUL ABRORI
Penandatanganan Launching 1.000 buku penulis se Kalbar, diacara Wisata Literasi Nasional 2019 bersama Najwa Shihab Duta Baca Indonesia, pada Sabtu (07/09). 

Wisata Literasi Nasional 2019 Puncak Agenda di 2019, FIM Canangkan Roadshow se Kalbar

PONTIANAK - Forum Indonesia Menulis (FIM) menggelar Wisata Literasi Nasional 2019 bersama Najwa Shihab Duta Baca Indonesia, yang bertemakan "Wujudkan Kalimantan Barat Sebagai Provinsi Literasi Indonesia" di aula Pendopo Gubernur Kalbar, pada Sabtu (07/09).

Dalam acara ini, FIM bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Daerah Kalbar, yang juga didukung oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, untuk menghadirkan Najwa Shihab Duta Baca Indonesia sebagai bintang tamunya.

Tak hanya Najwa Shihab, acara ini juga menghadirkan beberapa pembicara lainnya, seperti Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muh Syarif Bando, M.M, dan Kadis Perpustakaan Daerah Provinsi Kalbar T.T.A Nyarong,

Direktur Forum Indonesia Menulis (FIM) Fakhrul Arrazi menjelaskan Wisata Literasi Nasional 2019 ini adalah puncak dari agenda FIM dalam setahun terakhir alias di 2019 ini. 

Baca: Dukung Peningkatan Minat Baca, Disdikbud Sintang Fokus Dorong Program Pojok Literasi

Baca: Gubernur Kalbar Buka Wisata Literasi Nasional 2019, Sutarmidji Ajak Budayakan Membaca

"Wisata Literasi Nasional 2019 ini adalah puncak dari agenda FIM dalam setahun kebelakangan. Yaitu mengkampanyekan budaya baca se Kalbar, lalu melatih banyak siswa-siswi pelajar, mahasiswa, guru, dosen. Dalam menuangkan ide, gagasan, konsepnya dalam bentuk karya tulis," jelasnya.

Ia menambahkan, diadakannya Wisata Literasi Nasional 2019 yang mengundang Najwa Shihab sebagai bintang tamunya, adalah bentuk menyemarakkan launching seribu buku dari penulis di Kalbar yang menerbitkan bukunya.

"Acara ini juga sekaligus melaunching 1.000 buku berasal dari penulis se kalbar. Yang dimana itu rata-rata berasal dari guru, dosen, mahasiswa, dan pelajar," tambahnya.

Kemudian dalam acara tersebut, ketua FIM juga menyampaikan perjalanan literasi di Kalbar, dan apa yang sudah FIM lakukan.

Baca: FOTO: Aksi Duta Baca Indonesia Najwa Shihab di Wisata Literasi Nasional 2019, Pontianak

Baca: Bupati Sintang Hadiri Kegiatan Wisata Literasi dan Launching 1000 Buku di Pendopo Gubernur

Lalu pada 5 September 2019 kemarin ia mengungkapkan bahwa dirinya juga telah mendapatkan penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka Tahun 2019, sebagai motivator literasi Indonesia atas karya, prestasi dan dedikasinya dalam mengembangkan literasi di Indonesia.

"Penghargaan tersebut adalah penghargaan tertinggi dari perpustakaan nasional, atas jasa dalam mengkampanyekan budaya baca, menulis dan pengembangan perpustakaan. Dan ini dipilih 16 orang se Indonesia, satu diantaranya, alhamdulillah dari Kalbar. Kami yang mewakilinya kemarin," ungkapnya kepada Tribun Pontianak.

Kemudian dikatakannya bahwa setelah terselenggaranya acara Wisata Literasi Nasional 2019, nantinya FIM akan melakukan Roadshow se Kalbar.

Untuk pelatihan guru menulis, lalu nanti juga ekspansi ke berbagai wilayah provinsi se Indonesia. (Muzammilul Abrori)

Update berita pilihan tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved