Harga Bawang Merah Alami Penurunan

Muslimin mengatakan harga bawang merah mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 30 ribu hingga Rp 34 ribu perkilogram menjadi Rp 15 ribu

Harga Bawang Merah Alami Penurunan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) UKM Singkawang Muslimin, Jumat (5/7/2019) 

Harga Bawang Merah Alami Penurunan

SINGKAWANG - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Singkawang, Muslimin mengatakan harga bawang merah mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 30 ribu hingga Rp 34 ribu perkilogram menjadi Rp 15 ribu hingga Rp 16 ribu perkilogram.

"Penurunan harga ini disebabkan komoditas yang didatangkan dari Pulau Jawa saat ini sedang mengalami panen raya," katanya, Kamis (5/9/2019).

Ia menilai pemerintah juga bisa memberikan intervensi terkait penurunan harga bawang merah yang cukup anjlok, guna memberikan pengayoman dan meningkatkan kesejahteraan para petani.

Karena apabila di Pulau Jawa bawang merah hanya dijual sekitar Rp 5 ribu perkilogram, berarti petani akan mendapatkan untung yang sangat sedikit.

Baca: Bupati Bengkayang Terjerat Fee Proyek Rp 340 Juta, Suryadman Gidot Cs Dicokok KPK

Baca: Harga Bawang Merah dan Cabai Naik, Pedagang Jelaskan Alasannya

Baca: Ternyata Bawang Merah Juga Bisa Dijadikan Masker Wajah, Ini Manfaatnya Bagi Kulit

"Jadi ini yang mesti diperhatikan oleh pemerintah dalam rangka memberikan pengayoman dan kesejahteraan petani agar bisa lebih baik ke depannya," ungkapnya.

Harapannya penurunan harga pada bawang merah tidak berlangsung lama, karena berdasarkan harga normal biasanya dijual seharga Rp 30 ribu hingga Rp 34 ribu per kilogram.

Sementara harga cabai rawit juga sudah mengalami penurunan, dari sebelumnya dijual antara Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu perkilogram, turun menjadi Rp 70 ribu hingga Rp 80 ribu perkilogram.

Kemudian untuk harga ayam, telur dan sebagainya sampai saat ini masih dalam kondisi normal.

"Untuk telur ayam saat ini dijual seharga Rp 20 ribu hingga Rp 21 ribu perkilogram, sedangkan ayam karkas dijual seharga Rp 40 ribu hingga Rp 42 ribu perkilogram," jelasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved