Singgung Soal Desa Mandiri, Ria Norsan: Kita Intip Sudah Ada 86 Desa Siap Menyandang Status Mandiri

Saat hadir pada Musrenbang penyusunan RPJMD Kabupaten Mempawah tahun 2020-2024 di Kantor Bupati Mempawah, Wakil Gubernur Kalbar

Singgung Soal Desa Mandiri, Ria Norsan: Kita Intip Sudah Ada 86 Desa Siap Menyandang Status Mandiri
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ya'M Nurul Anshory
Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan menghadiri Musrenbang, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Kabupaten Mempawah tahun 2020-2024, Selasa (3/9/2019) pagi. 

Singgung Soal Desa Mandiri, Ria Norsan: Kita Intip Sudah Ada 86 Desa Siap Menyandang Status Mandiri

MEMPAWAH - Saat hadir pada Musrenbang penyusunan RPJMD Kabupaten Mempawah tahun 2020-2024 di Kantor Bupati Mempawah, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan menyinggung masalah Desa Mandiri.

Ria Norsan menjelaskan, dari 2.031 desa hanya ada 1 desa yang masuk dalam kategori mandiri di Kabupaten Kayong Utara, sementara sisanya dalah desa maju, desa berkembang dan desa tertinggal.

"Pemerintah Provinsi sekarang sedang memprogramkan desa mandiri, dari 2.031 desa yang ada di Kalbar baru ada 1 desa mandiri yang ada di Kayong Utara, sisanya desa maju, berkembang dan desa tertinggal yang paling banyak yakni 1700 lebih," ujarnya, Selasa (3/8/2019).

Ria Norsan mengajak semua pihak baik khususnya Kabupaten Mempawah saat menyusun RPJMD agar menyelaraskan dengan program kerja Pemprov Kalbar, agar visi misi desa mandiri bisa terwujud.

Baca: Polsek Seluas Amankan Pria Bawa Makanan dan Sayur Ilegal Diduga Asal Malaysia

Baca: Ria Norsan Minta RPJMD Kabupaten Mempawah Harus Selaras dengan Pemprov dan Pusat

Baca: Ria Norsan Minta Semua Pihak Bersinergi Dalam Penyusunan Program Pembangunan Kabupaten Mempawah

"Jika desa mandiri ini yang melaksanakan nya hanya Pemprov saja, maka itu tidak akan tercapai lima tahun kedepan, makanya kita semua harus bersinergi agar target tersebut terpenuhi," ucapnya.

Ria Norsan mengungkapkan bahwa setahun masa kepemimpinan dia sebagai Wakil Gubernur Kalbar, sudah menjadikan 86 desa yang digadang-gadang siap menyandang status mandiri, kendati itu belum resmi dirilis, dia memohon agar semua pihak mendukung Pemprov Kalbar.

"Dalam satu tahun pemerintahan kami, kita sudah intip sudah ada 86 desa mandiri, kita kejar sama-sama ya, maka penting bagi kita untuk bersinergi," ungkapanya.

"Kita juga harus menselaraskan visi dan misi, agar masyarakat Kalbar mengerti apa yang menjadi target tata kelola pemerintahan yang baik," tambahnya.

Guna mewujudkan desa mandiri, Ria Norsan mengatakan pihaknya akan mempercepat pembangunan dari desa-desa pedalaman, sebab itulah dia ingin semua kepala daerah menyelaraskan visi misi dengan Pemrov dan Pusat. 

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved