Ria Norsan Minta RPJMD Kabupaten Mempawah Harus Selaras dengan Pemprov dan Pusat

Pemprov Kalbar juga harus selaras, agar masyarakat Kalbar mengerti apa yang menjadi target tata kelola pemerintahan.

Ria Norsan Minta RPJMD Kabupaten Mempawah Harus Selaras dengan Pemprov dan Pusat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Ya'M NURUL ANSHORY
Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan  (tengah) saat menghadiri Musrenbang, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Kabupaten Mempawah tahun 2020-2024, Selasa (3/9/2019) pagi. 

Ria Norsan Minta RPJMD Kabupaten Mempawah Harus Selaras dengan Pemprov dan Pusat

MEMPAWAH -Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mempawah tahun 2020-2024, di Aula Balairung Setia, Kantor Bupati Mempawah, Selasa (3/9/2019) pagi.

Hadir dalam Musrenbang penyusunan RPJMD tersebut, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan mengatakan Pemkab Mempawah harus menyusun rancangan pembangunan lima tahun kedepan yang selaras dengan program Pemerintah Pusat dan Provinsi agar pembangunan di Kalbar bisa tepat sasaran.

"Dalam penyusunan RPJMD tersebut, kita harus bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi, Provinsi harus bersinergi dengan RPJMN Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah harus bersinergi dengan RPJMD yang disusun Pemprov, agar pembangunan bisa selaras," ujarnya.

Baca: Suriansyah Nilai Kinerja Sutarmidji-Ria Norsan Setahun Pemerintahan Cukup Baik

Baca: Gelar Musrenbang RPJMD 2020-2024, Inilah Program Prioritas Pembangunan Lima Tahun Kedepan

Ria Norsan memberima contoh, misal kata dia, Pemprov sekarang sedang memprogramkan desa mandiri, dari 3021 desa yang ada di Kalbar baru ada 1 desa mandiri yang ada di Kayong Utara, sisanya desa maju, berkembang dan desa tertinggal yang paling banyak dengan junlah 1700 lebih.

"Jika desa mandiri ini yang melaksanakan nya hanya Pemprov saja, maka itu tidak akan tercapai lima tahun kedepan, makanya kita semua harus bersinergi agar target tersebut terpenuhi," tegasnya.

Ria Norsa mengatakan, visi misi antara Pemkab Mempwah, dan Pemprov Kalbar juga harus selaras, agar masyarakat Kalbar mengerti apa yang menjadi target tata kelola pemerintahan.

"Kenapa itu yang harus kita kejar terlebih dahulu, karena IPM kita ini paling tertinggal se-Kalimantan, Kalimantan Utara itu baru mekar tapi IPM nya sudah lebih baik daripada kita. Makanya pembangunan di daerah pedalaman itu yang harus kita kejar, dan dipercepat, sebab masih banyak yang kondisinya memprihatinkan," tuturnya. (Yak)

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved