Ria Norsan: Mempawah Bersiap Dampak Mega Proyek, Pemprov Bersiap Dampak Pemindahan Ibu Kota

Ria Norsan mengatakan Pemerintah Kabupaten Mempawah harus mempersiapkan diri menyambut pembangunan

Ria Norsan: Mempawah Bersiap Dampak Mega Proyek, Pemprov Bersiap Dampak Pemindahan Ibu Kota
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan 

Ria Norsan: Mempawah Bersiap Dampak Mega Proyek, Pemprov Bersiap Dampak Pemindahan Ibu Kota

MEMPAWAH - Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan mengatakan Pemerintah Kabupaten Mempawah harus mempersiapkan diri menyambut pembangunan yang ada, Selasa (3/9/2019) saat menghadiri Musrenbang penyusunan RPJMD Kabupaten Mempawah 2020-2024 di Kantor Bupati Mempawah.

Saat ini kata Norsan, ada dua mega proyek yang tidak lama lagi akan beroperasi di Kabupaten Mempawah, yakni Terminal Kijing dan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kecamatan Sungai Kunyit.

Jika Kabupaten Mempawah tidak siap dsri segi sumber daya dan infrastruktur nya maka sebagai tuan rumah Mempawah hanya akan menjadi penonton saja.

Itulah kata Norsan yang menjadi alasan, Pemerintah Provinsi Kalbar sedang mengupayakan jalan tol Pontianak-Singkawang guna mendukung pembangunan yang ada di daerah.

Baca: RPJMD Melebihi Target, Ria Norsan: Sanksi Tidak Dapat Tunjangan 6 Bulan Menanti

Baca: Singgung Soal Desa Mandiri, Ria Norsan: Kita Intip Sudah Ada 86 Desa Siap Menyandang Status Mandiri

Baca: Polsek Seluas Amankan Pria Bawa Makanan dan Sayur Ilegal Diduga Asal Malaysia

"Kita di Kabupaten Mempawah punya dua mega proyek, kalau tidak kita antisipasi jalan kita, itu akan macet, kita sudah bahas di Kalimantan Timur kemarin, insyaallah pembangunan jalan tol itu sudah masuk dalam Rencana Kerja Kalimantan," ujarnya.

Wagub mengungkapkan bahwa dia sudah tahu kalau ibu kota akan pindah ke pulau Kalimantan, yakni di Kalimantan Timur. Tidak bisa ditolak lagi bahwa Kalbar juga akan terkena imbasnya.

Oleh Sebab itu Norsan menggatakan seluruh Kepala Daerah harus bersinergi dengan Pemprov Kalbar dalam merencanakan pembangunan.

"Saya sudah tahu kalau ibu kota itu ancang-ancang nya akan di sana (Kaltim), karena memang disana masih luas dan situasi nya memungkinkan," ujarnya.

"Dalam rencana pemindahan ibu kota itu kita harus bersiap, karena masuk dalam pulau kita," tambahnya.

Norsan mengatakan saat ini Pemprov Kalbar sedang berupaya maksimal dalam meningkatkan infrastruktur jalan terlebih lagi jalan lintas Provinsi.

"Makanya Jalan Trans Kalimantan itu di baguskan, agar akses jalan darat sudah bisa terwujud kan, sebelum tahu 2024, sudah dekat waktu pemindahan ibu kota," pungkasnya.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved