Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan Tak Harus Menunggu 5 Tahun Bekerja

Apakah benar seperti itu? Lalu jika saya belum lima tahun bekerja dan telah berhenti apa bisa melakukan pencairan JHT. Jika bisa, berapa lama proses

Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan Tak Harus Menunggu 5 Tahun Bekerja
Kompas.com
Ilustrasi 

Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan Tak Harus Menunggu 5 Tahun Bekerja

PONTIANAK - Bun, saya bekerja tidak sampai lima tahun dan sekarang telah berhenti bekerja. Saya pernah baca, jika syarat penarikan JHT itu harus genap lima tahun bekerja

Apakah benar seperti itu? Lalu jika saya belum lima tahun bekerja dan telah berhenti apa bisa melakukan pencairan JHT. Jika bisa, berapa lama proses penarikan tersebut. Terimakasih.

08212767xxxx

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.60 tahun 2015 yang mulai berlaku sejak 1 september 2015 menyatakan, bahwa saldo Jaminan Hari Tua bisa diambil 10%, 30% hingga 100% tanpa harus menunggu usia kepesertaan 10 tahun atau peserta minimal berumur 56 tahun, seperti yang tertera di peraturan sebelumnya (Peraturan Pemerintah (PP) No 46 tahun 2015).

Baca: Naikan Iuran BPJS Kesehatan Hingga 100 Persen Mulai 1 Januari 2020, Ini Alasan Pemerintah!

Baca: Asisten Setda Sintang Tutup Pameran Pembangunan dan Sintang Expo

Baca: Ratusan Driver Gojek Geruduk Kedubes Malaysia, Protes Keras Bos Taksi Malaysia Hina Ojol & Indonesia

Kemudian bila peserta ingin mecairkan (klaim) saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan anda dengan ketentuan anda sudah Putus Hubungan Kontrak (PHK) atau sudah tidak bekerja lagi, maka anda bisa mencairkan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan anda setelah menunggu satu bulan sejak keluar dari perusahaan atau sudah tidak bekerja lagi setelah perusahaan terakhir anda.

Jadi mengenai pencairan jaminan hari tua BPJS ketegakerjaan, peserta tidak diharuskan untuk menunggu selama lima tahun bekerja.

Lalu bila peserta ingin mencairkan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan nya, maka berikut adalah beberapa prosedur pencairannya:

-  Mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan .
- Mengisi formulir pengajuan klaim JHT,
- Menandatangani surat pernyataan sedang tidak bekerja di perusahaan manapun,
- Ceklis kelengkapan berkas,
- Panggilan wawancara dan foto,
- Dan kemudian terakhir dilakukanlah transfer seluruh saldo JHT ke nomor rekening bank peserta.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan saja datang langsung ke Kantor BPJS Ketenagarakerjaan Kota Pontianak, yang berada Jl. A. Yani No. 63, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Sonny Agus Dwiarso
Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kota Pontianak

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved