Harap Pihak Terkait Tinjau Kondisi Pohon Palem, Agus: Kalau Sudah Keropos Tebang Saja

Masyarakat sekitar Kabupaten Mempawah, khususnya yang berdomisili di sekitar Kota Mempawah menyarankan kepada pihak terkait

Harap Pihak Terkait Tinjau Kondisi Pohon Palem, Agus: Kalau Sudah Keropos Tebang Saja
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ya'M Nurul Anshory
Pohon palem yang berjejer rapi di tepi jalan raya Kota Mempawah sudah berumur puluhan tahun, masyarakat khawatir pohon yang keropos tumbang dan mencelakai manusia. 

Harap Pihak Terkait Tinjau Kondisi Pohon Palem, Agus: Kalau Sudah Keropos Tebang Saja

MEMPAWAH - Masyarakat sekitar Kabupaten Mempawah, khususnya yang berdomisili di sekitar Kota Mempawah menyarankan kepada pihak terkait agar melakukan peninjauan pada kondisi pohon palem yang ada di tepi jalan raya.

Satu diantara warga Kecamatan Mempawah Hilir, M Agus Susanto mengatakan saat ini banyak pohon palem yang sudah tua dan keropos batangnya, dia menyarankan agar pihak terkait meninjau dan menebang pohon yang keropos itu.

“Beberapa pohon palem ada yang sudah keropos pada bagian batangnya akibat usia yang sudah tua. Jika dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin pohon akan roboh dan mencelakai masyarakat pengendara,” ujarnya, Senin (2/9/2019) kemarin.

Agus menilai, jika pohon palem yang keropos itu tidak segera diremajakan, dikhawatirkan akan tumbang dan mencelakai pengguna jalan yang melintas terutama pengendara motor.

Baca: Kecelakaan di Mempawah Tumbangkan Pohon Palem dan Tiang Telepon, Ini Ini Kronologinya

Baca: Sepeda Motor Tabrakan dengan Mobil, Pohon Palem dan Tiang Telepon Ikut Tumbang

Baca: Harrison: Gizi Buruk dan Gizi Kurang Tahun 2018 di Kalbar Mencapai 23,8 Persen

“Sebelum mencelakai masyarakat, lebih baik pohon tersebut ditebang. Sebab dampaknya bisa sangat fatal bagi pengendara yang setiap waktu melintas di jalan raya,” katanya.

Harusnya pohon palem ini sudah diremajakan. Yakni dengan ditanam kembali agar tumbuh baru dengan kondisi yang lebih segar.

Agus mengatakan, sepengetahuan dia usia pohon palem yang ada di tepi jalan raya sekitar Kota Mempawag saat ini sudah puluhan tahun.

Kendati dia mendukung program penataan kota, menurut Agus pihak terkait harus melakukan peninjauan kembali jika mengingat usia pohon palem yang sudah tua.

“Kita sangat mendukung penanaman pohon palem di pinggir jalan di Kota Mempawah. Keberadaan pohon palem ini menjadikan lingkungan semakin hijau, asri dan sejuk. Manfaatnya sangat baik untuk lingkungan dan alam,” pungkasnya.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved