PKPU Tahapan Pilkada 2020 Sudah Keluar, Ini Penjelasan KPU

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu Ahmad Yani menyatakan, peraturan komisi pemilihan umum

PKPU Tahapan Pilkada 2020 Sudah Keluar, Ini Penjelasan KPU
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Ketua KPU Kapuas Hulu Ahmad Yani bersama komisioner KPU, saat  menyerahkan usulan pelantikan terhadap 30 orang caleg terpilih pada Pemilu tahun 2019, kepada Gubernur Kalbar melalui Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir SH, di Ruangan Kerja Bupati Kapuas Hulu, Senin (12/8/2019). 

PKPU Tahapan Pilkada 2020 Sudah Keluar, Ini Penjelasan KPU

KAPUAS HULU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu Ahmad Yani menyatakan, peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) tahapan Pemilu dalam Pilkada tahun 2020 sudah keluar.

"Alhamdulillah, sampai saat ini persiapan kita untuk Pilkada serentak tahun 2020 di Kapuas Hulu, masih berjalan lancar dan tinggal menunggu tanda tangan NPHD," ujarnya kepada wartawan, Senin (2/9/2019).

Ahmad Yani menjelaskan, dalam Pilkada tahun 2020 di Kapuas Hulu hanya partai politik yang memperoleh kursi di DPRD bisa mengusulkan calon bupati dan wakil bupati nantinya.

Baca: Terkait Putusan MK, Bawaslu Kalbar Tunggu PKPU dan Perbawaslu Baru

Baca: JaDI Tuntut KPU Secara Komprehensif Perbaiki Data Pemilih Sambut Pilkada 2020

Baca: KPU Bengkayang Pastikan Maksimal Mutakhirkan DPT

"Partai politik yang memperoleh kursi di DPRD ada 10 partai seperti, Golkar, PAN, PPP, PDIP, NasDem, Gerindra, Demokrat, Hanura, PKPI, dan PKB," ucapnya.

Selain itu juga kata Yani, selain yang memperoleh kursi di DPRD, juga partai politik yang dapat mengusulkan menggunakan gabungan suara sah, dimana minimal suara sah 25 persen dari suara sah DPRD kabupaten/kota.

"Itu semua telah diatur didalam undang-undang Pilkada dan PKPU 9 tahun 2015 pasal 5 tentang pencalonan. Diharapkantitikproses Pilkada 2020 di Kabupaten Kapuas nantinya berjalan dengan lancar dan sukses," ungkapnya.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved