Agustinus Agus Nilai SDM Kearsipan di SKPD Masih Belum Cukup Baik

Kepala Dinas Kearsipan Kabupaten Sekadau, Agustinus Agus mengatakan kegiatan sosialisasi Kearsipan di Kabupaten Sekadau mengusung tema

Agustinus Agus Nilai SDM Kearsipan di SKPD Masih Belum Cukup Baik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Kepala Dinas Kearsipan Kabupaten Sekadau, Agustinus Agus 

Agustinus Agus Nilai SDM Kearsipan di SKPD Masih Belum Cukup Baik

SEKADAU - Kepala Dinas Kearsipan Kabupaten Sekadau, Agustinus Agus mengatakan kegiatan sosialisasi Kearsipan di Kabupaten Sekadau mengusung tema Melalui Peningkatan SDM Pengelolaan Arsip Dinamis Kita Ciptakan Pengelolaan dan Penataan Arsip dengan Baik dan Benar.

Dimana menurutnya untuk SDM Kearsipan di beberapa SKPD masih ada yang belum memahami dengan baik.

"Perlu kami sampaikan masih terdapat pegawai yang menangani arsip di SKPD belum memahami bagaimana mengelola arsip dan menata arsip yang baik dan benar sesuai aturan. Karena itu kegiatan sosialisasi ini kami undang perwakilan dari setiap SKPD dan Kecamatan serta PKK," ujarnya, Senin (2/8)

Terlebih menurut dia Kearsipan juga telah diatur melalui perda kabupaten sekadau no. 4 tahun 2015 tentang pengelolaan arsip daerah.

Baca: INSIDEN Roket Api, Penyanyi Pop Cantik Tewas Saat Konser di Atas Panggung, Luka Fatal Bagian Perut

Baca: Kepala BPSDM Kalbar Drs Alfian Dorong Pemda Terapkan Local Goverment Networking Pada ASN

Baca: Pemda Sekadau Akan Bentuk Tim Pengawasan dan Evaluasi Intern Kearsipan di Setiap SKPD

"Di perda tertuang agar menjamin terciptanya arsip dari kegiatan yang dilakukan oleh instansi pemerintah daerah sebagai bukti pertanggung jawaban darah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kemudian diatur pula agar menjamin ketersediaan arsip yang au tentu dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah," katanya.

Pada perda terebut pula menurutnya diatur agar menjamin terwujudnya pengelolaan arsip yang handal dan bermanfaat sesuai ketentuan perundang-undangan. Karena itulah menurut dia sosialisasi Kearsipan ini sangat penting.

"Dinas Kearsipan memiliki beberpa fungsi dan tugas pokok yang satu diantaranya melakukan pembinaan Kearsipan terhadap pencipta arsip di SKPD. Dan sebagai pencipta arsip SKPD wajib membentuk unit Kearsipan yang memiliki tugas melaksanakan pengelolaan arsip nonaktif dari unit pengelolaan SKPD, mengolah arsip dan menyajikan arsip menjadi informasi serta memusnahkan arsip sesuai ketentuan," paparnya.

Ia juga meminta kepada peserta agar dapat memahami sosialisasi dengan baik, sehingga dapat mempraktekannya. Sehingga nantinya dapat mengelola dan menata arsip di SKPD masing-masing demi menjaga keutuhan, keamanan dan keselamatan arsip.

"Harapan kami melalui sosialisasi ini unit pengolah arsip dan unit Kearsipan di SKPD dan Kecamatan sebagai pencipta arsip dapat menjalankan tugasnya denhan baik dan sesuai perundang-undangan," pungkasnya.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved