Pemkot Siap Bebaskan Lahan Untuk Pembangunan Jalan HR A Rahman-Hasanudin Dua Jalur

Pemerintah Kota Pontianak siap membebaskan lahan untuk pelebaran Jalan Hasanudin hingga H Rais A Rahman yang sudah masuk agenda

Pemkot Siap Bebaskan Lahan Untuk Pembangunan Jalan HR A Rahman-Hasanudin Dua Jalur
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MIA MONICIA
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, saat diwawancarai, Rabu (10/7/2019) 

Pemkot Siap Bebaskan Lahan Untuk Pembangunan Jalan HR A Rahman-Hasanudin Dua Jalur

PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak siap membebaskan lahan untuk pelebaran Jalan Hasanudin hingga H Rais A Rahman yang sudah masuk agenda pembangunan Pemerintah Provinsi Kalbar tahun 2019 ini.

Komitmen pembebasan lahan ditegaskan langsung Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Ia menyebutkan Pemkot bertanggungjawab membebaskan lahannya sedangkan anggaran pembangunannya telah disiapkan Pemprov karena memang ruas jalan provinsi.

"Pertama Alhamdulillah kita dapat melebarkan jalan Hasanudin dan HR A Rahman. Tahun ini sudah dianggarkan oleh Pemprov dan tugas Pemkot adalah menyiapkan lahannya," ucap Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Minggu (1/9/2019).

Ia menjelaskan sejak lima tahun terakhir sebenarnya pihaknya sudah membebaskan lahan, sistemnya memberikan izin bangunan berdasarkan ketetapan Ruang Milik Jalan (RMJ) yang telah ditentukan yaitu 19,5 meter dari turap beton saluran yang ada.

Ia mengakui memang sebagian ada bangunan yang harus dibebaskan karena pembangunan waktu itu belum diterapkan RMJ yang ada.

Baca: Hadiri Sosialisasi Pembangunan Jalan, Kapolsek Meranti Ajak Masyarakat Awasi Bersama

Baca: Desa Sekubang Rasakan Sejumlah Proyek Pembangunan, Ini Pesan Bappeda Sintang

Baca: UANG - Zodiak Hari Ini Senin 2 September 2019 l SCORPIO Mencari Kemajuan, PISCES Utamakan Prioritas

"Data yang dibuat oleh camat dan lurah, kita sudah undang dan ada pergantian bangunan termasuk yang terkena pagarnya. Sementara lahannya memang tidak ada ganti rugi," tegasnya.

Lanjut dijelaskannya Jalan HR A Rahman-Hasanudin akan dibuat dua jalur, dimana setiap jalur sepebar tuhug meter masing-maeing dan ada median tengah.

Edi menyebutkan apabila itu lancar pembangunan akan berdampak pada kenyamanan masyarakat termasuk membebaskan yang masih kumuh
Kita akan tata trotoarnya juga.

Pihaknya masih melakukan pembebasan lahan dengan rincian, delapan meter untuk jalan A Rahman dan Hasanudin enam meter.

"Kita targetkan yang sudah siap bisa dikerjakan dan dalam waktu dekat kita akan eksekusi lapak-lapak yang ada. Begitu juga dengan kios buah Pasar Dahlia kita bongkar dan pindahkan kekawasan terminal," pungkasnya.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update

Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved