Pemda Kapuas Hulu Terus Perjuangkan Legalitas Daun Kratom, Apresiasi Kemenkes RI

Sarbani menyatakan, hasil sementara pengkajian dari Kemenkes RI ada kabar baik untuk masyarakat Kapuas Hulu yang mengerjakan daun kratom.

Pemda Kapuas Hulu Terus Perjuangkan Legalitas Daun Kratom, Apresiasi Kemenkes RI
ISTIMEWA
Daun Kratom Setelah Diolah Jadi Serbuk 

Pemda Kapuas Hulu Terus Perjuangkan Legalitas Daun Kratom, Apresiasi Kemenkes RI

KAPUAS HULU - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu H Sarbani mengucapkan terimakasih kepada pihak Kementerian Kesehatan RI telah melakukan pengkajian daun kratom di Kapuas Hulu.

"Selama ini kita hanya baru mendapatkan hasil laporan laboratorium dari pihak BNN saja, belum ada dari Kementerian Kesehatan RI. Dimana pengkajian dari pihak Kemenkes sangat mendalam, dan mudah-mudahan hasilnya bisa berpihak ke petani kratom," ujarnya kepada wartawan, Jumat (30/8/2019).

Terkait masalah legalitas hukum daun kratom, Sarbani berharap bisa berpihak ke masyarakat, karena sudah sering disampaikan bahwa untuk saat ini daun kratom masih menjadi primadona masyarakat Kapuas Hulu, setelah getah karet yang jauh harga dari sebelumnya.

Baca: Kemenkes RI Lakukan Pengkajian Daun Kratom di Kapuas Hulu

Baca: KENALI 2 Tumbuhan Fenomenal di Pulau Borneo Kalimantan! Dilema Daun Kratom dan Kayu Bajakah

"Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu terus berjuang dan berupaya bagaimana daun kratom bisa tetap dikelola oleh masyarakat, sehingga tidak menghilangkan matapencaharian masyarakat itu sendiri," ucapnya.

Sarbani menyatakan, hasil sementara pengkajian dari Kemenkes RI ada kabar baik untuk masyarakat Kapuas Hulu yang mengerjakan daun kratom.

"Salah satunya adalah kabar baik yaitu, pihak Kemenkes RI menampung semua pengakuan masyarakat terkait daun kratom, sehingga mereka akan melakukan pengkajian lebih dalam lagi efek dan negatif dari daun kratom tersebut," ujarnya.

Baca: Daun Kratom Renggut Ratusan Nyawa dan Seorang Bayi Terlahir Jadi Pecandu! Plus-Minus Daun Kratom

Baca: Wabup Pamero Paparkan Daun Kratom Dalam Workshop di Kementerian LH dan Kehidupan

Pj Sekda Kapuas Hulu mengimbau, kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu yang menjadi petani daun kratom, untuk tetap bersabar dan teruskan kelola daun kratom.

"Hingga saat ini belum ada larangan jelas atau pasti dari pemerintah terkait legalitas hukum daun kratom itu," ungkapnya. 

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update 

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved