Lomba Roket Air 2019 Sukses Telurkan 10 Jawara Regional, Ini Pesan untuk Mereka

UPT IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak baru saja menyelesaikan Lomba Sains Terapan (Roket Air) Tahun 2019 Tingkat Pelajar Se-Kota Pontianak

Lomba Roket Air 2019 Sukses Telurkan 10 Jawara Regional, Ini Pesan untuk Mereka - plt-kepala-dinas-pendidikan-kota-pontianak-syahdan-laziz.jpg
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Syahdan Laziz, Kepala UPT Pusat IPTEK dan Bahasa, Drs. Teguh Sapto, beserta pejabat setingkat meresmikan pembukaan Lomba Sains Terapan (Roket Air) Tahun 2019 Tingkat Pelajar Se-Kota Pontianak dengan meluncurkan roket air di Lapangan SMA Negeri 8, Pontianak, Kamis (29/8/2019).
Lomba Roket Air 2019 Sukses Telurkan 10 Jawara Regional, Ini Pesan untuk Mereka - salah-satu-peserta-lomba-sains-terapan-roket-air.jpg
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Salah satu peserta Lomba Sains Terapan (Roket Air) Tahun 2019 Tingkat Pelajar Se-Kota Pontianak mempersiapkan peluncuran roket air miliknya.

Lomba Roket Air 2019 Sukses Telurkan 10 Jawara Regional, Ini Pesan untuk Mereka

PONTIANAK - UPT IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak baru saja menyelesaikan Lomba Sains Terapan (Roket Air) Tahun 2019 Tingkat Pelajar Se-Kota Pontianak.

Acara yang berlangsung pada 28-29 Agustus 2019 itu berhasil menjaring 10 peserta terbaik untuk diikutsertakan ke Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2019.

“Alhamdulillah untuk tahun ini pesertanya cukup banyak dan rata-rata sekolah mengirimkan kandidatnya. Untuk Kota Pontianak sendiri kita sudah berhasil mendapat juara satu tahun lalu dan mewakili Indonesia di tingkat internasionalnya, dan Alhamdulillah ke tingkat internasional kita juga mendapat juara walaupun belum juara satu. Harapan kita, semoga tahun ini ada lagi diantara peserta kita ini mewakili tingkat Nasional dan ke tingkat Internasional. Supaya nama kota Pontianak lebih harum di tingkat Nasional maupun Internasional,” jelas Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Syahdan Laziz pada acara Lomba Roket Air 2019 Tingkat Pelajar Se-Kota Pontianak di Lapangan SMA Negeri 8 Pontianak, Kamis (29/8/2019).

Sepuluh peserta terbaik Lomba Sains Terapan (Roket Air)  Tahun 2019 Tingkat Pelajar Se-Kota Pontianak yang akan berkompetisi di Kompetisi Roket Air Nasional di Jakarta.
Sepuluh peserta terbaik Lomba Sains Terapan (Roket Air) Tahun 2019 Tingkat Pelajar Se-Kota Pontianak yang akan berkompetisi di Kompetisi Roket Air Nasional di Jakarta. (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA)

Dari tahun ke tahun, kualitas peserta lomba roket air semakin meningkat, bahkan sekolah sekolah peserta lomba sekarang lebih siap ditambah lagi semakin banyaknya lomba serupa sehingga peminat lomba roket air ini semakin banyak.

“Untuk peningkatan yang jelas adalah kualitas peserta dalam membuat roket dari tahun ke tahun semakin baik. Kalau tahun ini nampaknya semakin baik, kemudian sekolah-sekolah juga semakin siap. Kekurangan kami mungkin properti serta SDM kami masih terbatas sehingga kalau peserta semakin banyak kami akan kesulitan mengakomodirnya. Berdasarkan laporan dari guru sekolah, mereka meminta kuota lebih tapi karena keterbatasan tadi setiap sekolah kami batasi dua peserta saja,” jelas Kepala UPT Pusat IPTEK dan Bahasa, Drs. Teguh Sapto.

Baca: UPT IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak Gelar Lomba Roket Air, 10 Peserta Terbaik Diutus ke KRAN 2019

Baca: Popularitas Durian Jarum Mas Kubu Raya Meroket Setelah Jadi Juara, Sebiji Rp 300 Ribu

Baca: Sambut Baik Wacana Program E-Office, Ini Harapan Abdul Rahim

Beliau berharap peserta yang lolos seleksi peserta Regional Pontianak mampu bersaing di tingkat Nasional. Peserta diminta memanfaatkan kesempatan yang ada untuk terus berlatih hingga masa perlombaan utama tiba.

“Harapan saya peserta yang berhasil masuk 10 besar akan ikut KRAN di Jakarta, selama masa jeda kurang lebih 20 hari ini mereka harus siap untuk berlatih terus menerus karena persaingan di Jakarta itu lebih berat. Dari 26 Science Center se-Indonesia, ada 16 yang rutin mengirim peserta, jadi ada sekitar 160 orang se-Indonesia yang berkompetisi, “ tambahnya.

“Pesan saya terus berlatih dan jangan minder karena kita sudah membuktikan bahwa kita di Kalimantan, di Pontianak ini bisa jadi juara Nasional. Jangan terlalu mikir saya orang Kalimantan dia orang jawa. Tidak ada lagi sekarang seperti itu, yang penting kita terus berlatih untuk mencapai juara,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, adapun nama kesepuluh peserta terbaik tersebut yaitu Juara pertama Ibnuh Khatami (SMP Negeri 5), juara kedua Anisa Maharani Arianto (SMP Negeri 19), juara ketiga Albert Dani Rahmatullah (SMP Negeri 28), harapan satu Fathin Syafiq (SMP Negeri 23), harapan dua Albert Krisher Chu (SMP Katholik Santo Petrus), harapan tiga Lucky Brilliant (SMP Bruder), diikuti Ivander Gladwin (SMA Santo Paulus), Zalfa Naila Az Zahra (MTs Negeri 1), Ruben Alvaro (SMP Negeri 26), dan Angung Prayoga (MAN 1).

Kesepuluh pemenang ini akan mengikuti Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2019 di Jakarta. (*)

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved