TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Aplikasi IKalBar Perpustakaan Digital, Solusi Perpusda Kalbar Tingkatkan Minat Baca

Dinas Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat telah menyediakan sebuah aplikasi untuk membaca buku melalui Android yang bernama IKalBar

TRIBUNWIKI: Aplikasi IKalBar Perpustakaan Digital, Solusi Perpusda Kalbar Tingkatkan Minat Baca
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
IKalBar Sebagai Solusi Kurangnya Minat Baca Buku 

TRIBUNWIKI: Aplikasi IKalBar Perpustakaan Digital, Solusi Perpusda Kalbar Tingkatkan Minat Baca 

PONTIANAK - Rendahnya minat baca buku masyarakat menjadi permasalahan penting untuk kemajuan bangsa. Satu diantara faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca buku adalah kemajuan teknologi yang tidak diiringi pemahaman SDM tentang pemanfaatannya.

Menyikapai hal itu, Dinas Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat telah menyediakan sebuah aplikasi untuk membaca buku melalui Android yang bernama IKalBar.

Baca: Cara Pengajuan Menjadi Anggota Perpusda Kalbar, Berikut Persyaratannya

Kasi Otomasi Dinas Perpustakaan Kalbar, Tirta Rabiatul, menjelaskan dengan adanya perpustakaan digital tersebut, diharapkan dapat menjawab permasalahan kurangnya minat baca buku ditengah kemajuan teknologi.

"Kita punya IKalBar, kita punya perpustakaan digital. Jadi kalau kita mau meminjam atau membaca buku, kita bisa tinggal download. Untuk persyaratannya juga ada di situ. Dengan batas waktunya satu minggu. Setelah satu minggu, buku yang kita pinjam akan otomatis hilang," jelasnya.

Baca: Perpusda Kalbar Terima Tiga Unit Mobil Perpustakaan Keliling

Dalam pengadaan aplikasi tersebut Dinas Perpustakaan Daerah KalBar juga bekerjasama dengan Aksaramaya. Aksaramaya sendiri merupakan perusahaan rintisan Indonesia yang bergerak dalam bidang penyediaan aplikasi membaca buku digital (eReader) yang dilengkapi dengan fitur media sosial. Aksaramaya merupakan pelopor pembuat aplikasi social reading di Indonesia. (Marpina Sindika Wulandari)

Baca: Perpusda Kalbar Dorong Minat Baca Masyarakat, Hadirkan Aplikasi Hingga Gandeng Komunitas

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update 

Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved