HIMA PPKn Dapat Bantuan Program Kemenristek Dikti

Kegiatan PHBD ini di selenggarakan oleh HIMA PPKn IKIP PGRI Pontianak di Desa Rasau Jaya Satu, kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya

HIMA PPKn Dapat Bantuan Program Kemenristek Dikti
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pelaksanaan kegiatan Belmawadikti HIMA PPKn IKIP PGRI Pontianak 

HIMA PPKn Dapat Bantuan Program Kemenristek Dikti

Citizen Rendi Fahrizal IKIP PGRI Pontianak

PONTIANAK - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran (HIMA PPKn) IKIP PGRI Pontianak, kembali berhasil mendapatkan bantuan dana proposal Program Hibah Bina Desa (PHBD) dimana merupakan bentuk kegiatan Belmawadikti yang mana di selenggarakan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Kegiatan PHBD ini di selenggarakan oleh HIMA PPKn IKIP PGRI Pontianak di Desa Rasau Jaya Satu, kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya.

Adapun tema yang diangkat yaitu "Pengantasan Kemiskinan Masyarakat Melalui Pelatihan Untuk Meningkatkan Keterampilan Pengolahan jagung di Desa Rasau Jaya Satu, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

Ketua tim PHBD Sabani mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mampu membuat suatu desa yang mandiri dan bisa mengelolah potensi alam yang di miliki secara lebih baik.

Baca: TRIBUNWIKI: Yuk Kenalan Dengan Wish Festival Kalbar, Gerakan Nasional Masyarakat Peduli Beasiswa

"Pada kegiatan PHBD kali ini kami lebih terfokus kepada pelatihan pengolahan jagung, cara pengemasan, cara dalam memasarkan produk, serta bagaimana bisa menjual produk olahan melalui media sosial dan blog," ujarnya, Rabu (28/8/2019).

Disampaikan juga bahwa pada saat ini target yang di harapkan hasil olahan jagung mampu menembus pasar dan toko-toko sualayan dan toko-toko pusat oleh-oleh.

Semua ini di lakukan dengan cara membuat aneka olahan makanan yang bervariasi dan menarik dari bahan dasar jagung, adapun olahan yang di buat berupa Dodol jagung, bakso Jagung, teh rambut Jagung, abon jagung, naget jagung, dan minuman dari jagung.

Baca: YBM PLN Salurkan Beasiswa, Bantu Pelajar Berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu

Pihak desa yang di wakilkan oleh Seketaris desa mengatakan banyak terimakasih kepada HIMA PPKn IKIP PGRI Pontianak yang telah melaksanakan kegiatan PHBD di Desa Rasau Jaya Satu.

"Saya berharap kegiatan ini bisa membantu dalam meningkatkan perekonomian serta pengolahan jagung yang kreatif dan pemasaran hasil dari olahan jagung ini. Apalagi di tambah dengan pemateri dari DISPERINDAG sehingga mampu meningkatkan hasil olahan yang semangkin berkualitas," tuturnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dimana dengan memulai kegiatan sosialisai PHBD dan pengolahan jagung, dilanjutkan pada hari ke dua denga praktek pengolahan dan pada hari ketiga dilakukan pelatihan pengemasan dan simulasi penjualan produk hasil olahan jagung.

Baca: Mau Beasiswa Kuliah S2 dan S3 di Flinders University Australian, Ini Syaratnya

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved