Edi Rusdi Kamtono Harap Job Fair Dapat Serap Jumlah Pencari Kerja di Pontianak

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menuturkan even jon fair merupakan agenda tahun yang selalu digelar oleh pemkot Pontianak

Edi Rusdi Kamtono Harap Job Fair Dapat Serap Jumlah Pencari Kerja di Pontianak
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Edi Harap Job Fair Dapat Menyerap Jumlah Pencari Kerja di Pontianak 

Edi Harap Job Fair Dapat Serap Jumlah Pencari Kerja di Pontianak

PONTIANAK - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menuturkan even jon fair merupakan agenda tahun yang selalu digelar oleh pemkot Pontianak dalam memberikan ruang bagi para pencari kerja dalam mengakses lowongan kerja di Pontianak.

"Kita lihat sendiri baru saja dibuka sudah banyak yang daftar. Kita sadari bahwa kota Pontianak merupakan kota dagang dan jasa sehingga jadi tujuan bagi para pencari kerja," ujarnya.

Edi juga menerangkan pada job fair yang digelar di Pontianak Convention Center yang berlangsung hingga 30 Agustus mendatang juga menyediakan ribuan lowongan tenaga kerja di luar negeri.

Ia memaparkan berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BPS, bahwa terdapat sekitar 30ribu penduduk di kota pontianak yang telah memasuki usia kerja yang masuk sebagai defenisi pengangguran.

Baca: Peserta PPSA XXII Lemhanas 2019 Kunjungi Kodam XII Tanjungpura

Baca: Menakar Peluang Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia setelah Myanmar dan Thailand Mundur! Ini Saingannya

Baca: Pemerintah Gencar Bentuk Desa Mandiri Peran Poskamling

Kendati demikian, pengangguran tersebut juga dikualifikasikan sebagai pengangguran produktif. Pengangguran produktif diartikan bahwa para penduduk usia kerja tidak aktif bekerja di perusahaan tertentu akan tetapi menjalani aktivitas usaha micro dengan segmentasi pasar online.

"Ada di antara mereka menjalankan usaha-usaha di rumah dan menjalankan usaha ekonomi berbasis digital. Aktifitas tersebut belum terdata," ujarnya.

Terkait hal tersebut, Edi meminta pihak DPMTPSP Kota Pontianak juga melakukan pendataan para penduduk usia kerja yang beraktivitas menjalankann usaha micro tersebut dengan konsep digital.

"Kita akan lakukan data lagi agar lebih akurat terkait berapa jumlah pengangguran di kota Pontianak," ujarnya.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved