TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: 6 Fakta Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Letak ibu kota baru akhirnya terkuak. Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan hal tersebut pada Senin (26/8) di Istana Negara,

Youtube Kompas TV
Alasan Presiden Jokowi Tetapkan Kalimantan Timur Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia Gantikan Jakarta 

TRIBUNWIKI: 6 Fakta Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

JAKARTA - Letak ibu kota baru akhirnya terkuak. Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan hal tersebut pada Senin (26/8) di Istana Negara, Jakarta.

Berikut sejumlah fakta pengumuman ibu kota oleh Jokowi:

1. Di Dua Kabupaten

Pemerintah menetapkan lokasi ibu kota terletak di dua kabupaten yang tersambung di Kalimantan Timur. Kedua Kabupaten itu yakni sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara.

Baca: Ibu Kota Baru Indonesia Punya 3 Stadion Kelas Internasional, Ada Serupai Markas Arsenal, Cek Fotonya

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan bahwa keputusan ini dilakukan setelah pemerintah melakukan kajian intensif. "Pemerintah telah melakukan kajian mendalam dan intensifkan studinya selama tiga tahun terakhir," ujar Presiden.

2. Alasan Kaltim Terpilih

Jokowi juga mengungkapkan 5 alasan yang membuat Kaltim terpilih mengalahkan kandidat lain di Pulau Kalimantan. "Pertama, risiko bencana minimal, baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, maupun tanah longsor," kata Jokowi.

Kedua, lokasi tersebut dinilai strategis. Jika ditarik koordinat, lokasinya berada di tengah-tengah wilayah Indonesia. Ketiga, lokasi itu berada dekat perkotaan yang sudah terlebih dahulu berkembang, yakni Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. "Keempat, telah memiliki infrastruktur yang relatif lengkap," ujar Jokowi.

Baca: BIAYA Pemindahan Ibu Kota Dua Kali Nilai 5 Klub Elite! Real Madrid, Barcelona, MU, Munchen dan Juve

Halaman
123
Editor: Maskartini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved