Tirta Rabiatul: Jumlah Kunjungan Perpustakaan Setiap Tahun Meningkatkan Signifikan

Nah kalau yang SMA atau SMP itu biasanya tunggu ada tugas sekolah baru ke sini.

Tirta Rabiatul: Jumlah Kunjungan Perpustakaan Setiap Tahun Meningkatkan Signifikan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MARPINA SINDIKA WULANDARI
Satu diantara ruang baca di dalam Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat 

Tirta Rabiatul: Jumlah Kunjungan Perpustakaan Setiap Tahun Meningkatkan Signifikan

PONTIANAK- Disamping permasalahan minat baca buku yang masih rendah di Provinsi Kalimantan Barat. Dinas Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat justru menunjukkan perbedaan yang signifikan. Yakni meningkatnya jumlah pengunjung di Pusda dari tahun 2018 sampai pertengahan 2019.

Kasi Otomasi Dinas Perpustakaan Kalbar, Tirta Rabiatul, menjelaskan adanya peningkatan jumlah pengunjung di Pusda setiap tahunnya menjadi titik balik dari kurangnya minat baca buku masyarakat KalBar.

Adapun peningkatan dari setiap bulannya sejak Januari hingga Desember 2018 total  pengunjung berjumlah 92189 orang. Dan untuk jumlah peminjaman buku (1 orang) 72851 buku.

Sedangkan untuk jumlah pengunjung pada Januari 2019 adalah 7530 orang yang didominasi oleh mahasiswa, dan mengalami peningkatan di Februari menjadi 8030 pengunjung yang juga didominasi oleh mahasiswa perempuan, lanjut pada Maret dengan total 12266 pengunjung yang masih didominasi oleh mahasiswa perempuan, pada bulan April mengalami penurunan dengan total pengunjung 7463 pengunjung dan pada Mei menurut kembali menjadi 6929 pengunjung dan Juni menjadi 3033 pengunjung.

Tirta menjelaskan untuk pengunjung Pusda memang didominasi oleh mahasiswa, hal ini dikarenakan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi maupun tesis lebih banyak memerlukan buku-buku yang ada di Perpustakaan Daerah tersebut. Sedangkan untuk siswa Sekolah SMA maupun SMP masih kurang.

Baca: Tjhai Chui Mie: Tingkatkan Minat Baca Jadi Tugas Berat Kadis Perpustakaan dan Kearsipan

Baca: Pemprov Kalbar andatangani MoU dengan BIG RI, Ini Penjelasan Gubernur Sutarmidji

"Kalau pengunjung memang setiap tahunnya itu mahasiswa yang banyak, karena mereka km perlu buku-buku yang lengkap untuk menyusun skripsi atau tesis. Nah kalau yang SMA atau SMP itu biasanya tunggu ada tugas sekolah baru ke sini. Tapi kalau yang Paud dan TK rutin setiap minggunya berkunjung. Karena selalu kita surati sekolah-sekolah nya," Jelas yang biasa di sapa Bu Tirta tersebut.

Untuk jumlah penurunan pengunjung sendiri, dari bulan April hingga Juni memang dikarenakan banyak perguruan tinggi maupun sekolah yang libur. Sehingga memang jumlah pengunjung berkurang. Namun menurut Tirta dapat dipastikan jumlah pengunjung di Pusda selalu meningkat setiap tahunnya. Dan untuk mendukung hal tersebut, pihak perpustakaan daerah telah melakukan penyediaan buku baru sejak beberapa tahun yang lalu namun untuk pendataan bukunya memang belum dapat dirampungkan.( Marpina Sindika Wulandari) 

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update 

 

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved