Holtikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, Upaya Pemerintah Kembangkan Durian Lokal

Gubernur Kalbar, H Sutarmidji menyampaikan pemerintah akan mengupayakan penanaman skala industri dengan mengundang para investor untuk bekerja sama

Holtikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, Upaya Pemerintah Kembangkan Durian Lokal
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKI FADRIANI
Gubernur Kalbar, H Sutarmidji beserta pemenang Kontes Festival Durian Bumi Khatulistiwa, Darius Wawang, pada acara pembagian hadiah di halaman parkir A Yani Mega Mall 

Holtikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, Upaya Pemerintah Mengembangkan Durian Lokal

PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Holtikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, ingin memperkenalkan durian Kalbar yang lebih unggul dibandingkan durian luar dan melalui kegiatan ini pemerintah dapat mengangkat nilai jual durian lokal.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 24 Agustus-1 September 2019 yang diadakan di halaman parkir A Yani Mega Mall.

Terdapat 181 peserta dari Kalbar yang mengikuti kontes Durian Bumi Khatulistiwa.

Gubernur Kalbar, H Sutarmidji menyampaikan, jika produktifitas durian lokal meningkat dan timbul kecintaan masyarakat terhadap durian lokal, maka pemerintah akan mengupayakan penanaman skala industri dengan mengundang para investor untuk bekerja sama.

Untuk penanaman skala industri, dibutuhkan sekitar ribuan hektar tanah untuk ditanami durian. Untuk mempermudah investasi, pemerintah memerlukan data untuk menentukan daerah mana saja yang tanahnya bagus untuk ditanami durian.

Baca: Dukung Festival Durian, Ini Harapan Wali Kota Edi Kamtono

Baca: Danlantamal XII Pontianak Ikuti Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019

Data ini sangat penting untuk diinformasikan kepada para petani durian agar mereka dapat menanam bibit durian unggul di tanah yang tepat. Selain itu, data yang diperlukan juga memuat tentang produktifitas jumlah durian.

Menurutnya, jika produktifitas durian Kalbar telah mencapai skala industri, pemasaran tidak lagi di sekitar Kalbar. Hal ini dikarenakan pasar lokal sudah tidak memungkinkan untuk menampung, sehingga perlu untuk merambah pangsa pasar luar Kalbar dengan akses pelabuhan Kalbar yang telah mendukung.

"Pelabuhan sudah ada. Nah, jika pelabuhan Kijing itu sudah, akan lebih bagus penanaman durian di sekitar situ. Di Sungai Kunyit ada kawasan dan juga ada varietas durian unggul di sana," ungkapnya.

Baca: Yayasan Durian Nusantara Sebut Festival Durian Untuk Mencari Varietas Durian Unggul

Baca: Durian Kunyit, Si Kuning Unggulan Kalbar Pemenang di Festival Durian

Rencananya, pemerintah akan melakukan pengembangan terhadap durian-durian lokal misalnya, Durian Punggur.

Durian Punggur akan dikembangkan untuk membuat dagingnya mencapai ketebalan 2-3 cm begitupula terhadap durian unggul lainnya.

Ia menuturkan jika dirinya selaku Gubernur Kalbar sangat konsern terhadap durian di Kalbar.

Menurutnya, pohon durian masih akan produktif bahkan hingga seratus tahun dan akan menjadikan Balai Karangan sebagai sentral durian.

Ia juga menambahkan, jika diperlukan akan dibangun lab pengembangan durian di Balai Karangan. (Rizki Fadriani) 

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved