Bupati Erlina Gali Potensi Pajak di Kabupaten Mempawah, Coba Tingkatkan PAD

Bupati Mempawah, Hj Erlina SH MH mengatakan, saat ini Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mempawah masih bergantung pada retribusi dan pajak daerah

Bupati Erlina Gali Potensi Pajak di Kabupaten Mempawah, Coba Tingkatkan PAD
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Bupati Mempawah, Erlina saat menikmati durian dalam acara pembukaan Hortikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, Heronimus Hero menyampaikan kata sambutan dalam pembukaan Hortikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 di halaman parkir Ayani Mega Mall Pontianak, Sabtu (24/8/2019). Festival durian yang digelar Dinas pertanian provinsi Kalbar bekerjasama dengan PHRI Kalbar berlangsung sejak tanggal 24 Agustus-1 September 2019. 

Bupati Mempawah Berupaya Gali Potensi Pajak Untuk Tingkatkan PAD

MEMPAWAH - Bupati Mempawah, Hj Erlina SH MH mengatakan, saat ini Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mempawah masih bergantung pada retribusi daerah dan pajak daerah.

Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa saat ini sedang memikirkan bagaimana cara agar daerah bisa lepas dari ketergantungan tersebut.

Salah satu upaya yang akan dilakukan oleh Erlina adalah mengkaji lebih dalam terkait apakah bisa perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Mempawah berhenti membayar pajak ke pusat dan beralih membayar pajak ke daerah secara keseluruhan.

"Banyak perusahaan-perusahaan besar yang ada di Kabupaten Mempawah membayar pajak ke pusat, saya sedang upayakan bagaimana caranya agar perusahaan-perusahaan  tersebut kita tarik untuk membayar pajak ke Kabupaten kita secara penuh, insha Allah ke depannya akan kita buat seperti itu," ujarnya, Senin (26/8/2019).

Baca: Bupati Erlina Janji Tambah Dana Ratusan Juta Rupiah Meriahkan Mempawah Expo 2020

Baca: Ruspandi Sebut Calon Terpilih DPRD Kabupaten Mempawah Akan Dilantik 17 September 2019

Saat ini kata Erlina, Pemerintah Daerah sedang memikirkan bagaimana caranya dan strategi apa yang harus diambil agar itu bisa terwujud.

"Akan kita lakukan pengkajian terlebih dahulu, bagaimana strateginya agar supaya pajak yang mengalir ke pusat bisa kita tarik sepenuhnya ke daerah, saya akan mengupayakan itu supaya bisa terwujud agar PAD kita bertambah," ujarnya.

Kemudian lebih jauh lagi kata Erlina, saat ini pihaknya sedang mengkaji juga terkait pajak pengangkutan seperti galian C yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Dimana sebelumnya sudah ada dibuat Perbub yang mengatur tentang itu, namun sudah kurang efisien dengan situasi dan kondisi saat ini.

"Kita sedang melakukan pembelajaran terkait hal tersebut, karena sekarang Perbub yang ada masih Perbub lama, dan harus kita rubah agar bisa menambah PAD kita, kedepan saya ingin ada kompensasi dari jumlah angkutan galian C itu kepada Pemerintah Daerah," katanya. 

Baca: Bersyukur Dapat Bantuan Kursi Roda, Begini Kisah Orangtua Pemilik Anak Disabilitas di Mempawah

Baca: Perhelatan Mempawah Expo 2019, SMK Islam Insan Cendekia Pamerkan Alat-alat Teknologi

Namun kata Erlina, semua itu masih harus melalui tahap pengkajian terlebih dahulu, karena berbicara masalah penarikan pajak maka harus jelas aturan hukumnya, dari situlah Pemerintah Daerah sedang mencari celah.

Halaman
12
Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved