Yuk, Rutin Bayar Iuran JKN Setiap Bulan

Jadi tunggu apalagi, ayo segera daftarkan diri anda dan keluarga agar dapat ter-cover jaminan kesehatannya dengan menjadi peserta JKN-KIS serta rutin

Yuk, Rutin Bayar Iuran JKN Setiap Bulan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Peserta PBPU, Dewi (34) 

Yuk, Rutin Bayar Iuran JKN Setiap Bulan

SINTANG - Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara tidak langsung memberikan dampak besar dalam mendukung peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia. Sejak program ini bergulir, masyarakat turut merasakan dampak akan mudahnya mengakses pelayanan kesehatan.

Penyelenggaraan program JKN-KIS sendiri diketahui menitikberatkan pada prinsip gotong-royong oleh semua pesertanya, yaitu dengan kepatuhan pembayaran iuran. Sebab peserta yang mendapat manfaat JKN-KIS harus menunaikan kewajibannya terlebih dulu, diantaranya membayar iuran rutin setiap bulan.

Peserta yang rutin membayar iuran setiap bulannya serta mengikuti prosedur yang ada, berhak menerima hak nya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Baca: Secercah Harapan Rakyat Kecil dengan BPJS Kesehatan

Baca: BPJS Kesehatan Pontianak Paparkan Pentingnya Menjadi Peserta JKN-KIS Dihadapan Mahasiswa Baru

Seperti halnya Dewi (34), salah satu Adalah warga Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Ia merupakan peserta program JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dengan hak perawatan kelas III. yang rutin membayar iuran setiap bulannya. Meskipun hidup sederhana dari berjualan kue, dirinya mengaku bahwa hal tersebut tak menyurutkan niatnya untuk tetap rutin membayar iuran JKN setiap bulan.

"Setiap bulan saya selalu rutin membayar iuran sebesar Rp.25.500/orang yang saya sisihkan dari penghasilan berjualan kue setiap hari supaya kartu saya, suami dan anak saya bisa terus aktif. insyaALLAH, selain mendapatkan jaminan kesehatan untuk keluarga iuran saya itu juga bisa bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan." ujar Dewi.

Menurut Dewi keberadaan program JKN-KIS merupakan solusi bagi rakyat kecil dalam mendapatkan jaminan kesehatan, sehingga menurutnya program ini harus tetap berkelanjutan agar manfaatnya dapat dirasakan juga oleh masyarakat lain yang benar-benar membutuhkan.

Baca: Asisten Setda Sintang, Hendri Harahap Buka Kegiatan Senam Sehat Bersama BPJS Kesehatan

Baca: Wagub Ria Norsan Minta BPJS Kesehatan Sosialisasikan Penonaktifan PBI JK dan Cari Solusi

"Penghasilan pas-pasan bukan berarti harus nunggak iuran mas, yang utamanya adalah niat. Selama ada niat, pasti ada jalannya. Saya merasa senang dengan adanya program JKN-KIS ini yang telah membantu meringankan beban hidup kami dalam memberikan jaminkan kesehatan untuk keluarga kami. Harapan saya, semoga program ini tetap terus maju sehingga masyarakat lainnya seperti kami tidak merasa putus asa sewaktu dihadapkan pada kondisi sakit karena terkendala biaya," pungkasnya

Manfaat yang begitu besar dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia dengan menjadi peserta JKN-KIS.

Jadi tunggu apalagi, ayo segera daftarkan diri anda dan keluarga agar dapat ter-cover jaminan kesehatannya dengan menjadi peserta JKN-KIS serta rutin membayar iuran setiap bulannya. 

Penulis: Wahidin
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved