BUMN HADIR UNTUK NEGERI 2019

Siswa-siswi Bali Dilatih Bela Negara Agar Disiplin dan Berjiwa Kepemimpinan oleh TNI Kodim 1201/Mph

Hari terakhir berada di Kabupaten Mempawah, siswa-siswi dari Provinsi Bali yang ikut dalam Program Siswa Mengenal Nusantara

Siswa-siswi Bali Dilatih Bela Negara Agar Disiplin dan Berjiwa Kepemimpinan oleh TNI Kodim 1201/Mph

MEMPAWAH - Hari terakhir berada di Kabupaten Mempawah, siswa-siswi dari Provinsi Bali yang ikut dalam Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mendapatkan pelatihan bela negara dari anggota TNI Kodim 1201/Mph di Hole Wisata Nusantara, Jumat (23/8/2019) pagi.

Sebelum bertolak menuju ke Kota Pontianak, mereka berkumpul di halaman belakang Hotel Wisata Nusantara oleh dua orang TNI Kodim 1201/Mempawah sebagai pelatih Bela Negara yakni Sersan Mayor (Serma), Bariyono, dan Sersan Dua (Serda), Budiono.

Mereka menjelaskan bahwa pelatihan Bela Negara tersebut diberikan kepada mereka untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap NKRI.

"Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk membentuk sikap, kepribadian, disiplin, kemandirian dan jiwa kepemimpinan serta tanggung jawab sebagai warga Negara Indonesia, yang diimplementasikan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat," ujar Serma Budiyono.

Baca: PLN Berikan Promo Gebyar Kemerdekaan Bagi Pelanggan ICON+

Baca: Pihak Bandara Jelaskan Kronologi Diamankannya Tiga WNA Asal Cina

Baca: Dewan Harap Bantuan Pemerintah Non Tunai dan Rumah Tak Layah Huni Tepat Sasaran

Para siswa-siswi terlihat bersemangat mengikuti pelatihan dasar mulai dari baris-berbaris, ketangkasan dan materi tentang Bela Negara lainnya.

"Selain itu, yang paling banyak kita tanamkan kepada mereka adalah baris-berbaris, karena itu adalah yang paling dasar, dan paling dibutuhkan oleh semua instansi," katanya.

Satu diantara siswa, Della Bianchi (16) mengatakan bahwa dia sangat senang sekali mengikuti pelatihan Bela Negara tersebut.

"Kita senang sekali bisa dilatih Bela Negara ini, mulai dari belajar yang paling dasar yakni baris berbaris sampai latihan ketangkasan lain, dan materi-materi Bela Negara," unarnya.

Selain itu, Made Arya Abigara (17) mengatakan, manfaat dari latihan Bela Negara itu bisa meningkatkan kedisiplinan bagi mereka.

"Selain melatih kedisiplinan, kita juga bisa belajar tentang kepemimpinan, agar kedepan apa yang kita pelajari ini bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved