Citizen Reporter

Seekor Trenggiling Ditemukan Mati di Lokasi Karhutla Desa Sungai Pelang Ketapang

Adapun lokasi ditemukannya trenggiling di lahan perkebunan masyarakat, di jalan Pelang Tumbang Titi, Dusun 4 Kanalisasi Desa Sungai Pelang

Seekor Trenggiling Ditemukan Mati di Lokasi Karhutla Desa Sungai Pelang Ketapang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Seekor Trenggiling ditemukan mati dilokasi Karhutla di Desa Sungai Pelang, Kecamatan MHS Kabupaten Ketapang 

Seekor Trenggiling Ditemukan Mati di Lokasi Karhutla Desa Sungai Pelang Ketapang

Citizen Reporter
Petrus Kanisius
Yayasan Palung

KETAPANG - Nasib tragis harus diterima si manis atau Trenggiling yang dalam bahasa latinnya disebut Manis Javanica yang ditemukan dalam keadaan mati terpanggang oleh ganasnya api akibat Karhutla di Desa Sungai Pelang, hari Selasa (20/08/2019) kemarin.

Saat itu, bermula tim pemadam kebakaran dari tim gabungan yang terdiri dari Manggala Agni Daops Ketapang, TNI dan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Desa Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) menemukan secara tidak sengaja si manis/Trenggiling di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada pukul 10.00 Wib.

Adapun lokasi ditemukannya trenggiling di lahan perkebunan masyarakat, di jalan Pelang Tumbang Titi, Dusun 4 Kanalisasi Desa Sungai Pelang, KecamatanMatan Hilir Selatan.

Seekor trenggiling yang ditemukan terpanggang itu dinyatakan sudah tak bernyawa (mati) tersebut diperkirakan berasal dari hutan sekitar yang terbakar dan terkepung oleh api. Diperkirakan trenggiling tersebut mati karena terjebak api yang melahap wilayah perkebunan milik masyarakat Pelang.

Baca: Api Karhutla di Desa Sungai Pelang Mulai Padam

Baca: Bupati Martin Rantan Tinjau Pembangunan Jalan Sungai Pelang-Batu Tajam

Tim gabungan pun selanjutnya langsung menghubungi pihak BKSDA Seksi Wilayah 1 Ketapang. Menurut informasi dari Brigadir Suhanadi, selaku Bhabinkamtibmas Pelang Matan Hilir Selatan mengatakan dari pihak BKSDA meminta agar trenggiling tersebut agar dikubur saja.

Sekedar informasi tentang trenggiling, dalam bahasa Inggris, trenggiling disebut dengan nama Sunda Pangolin atau Malayan Pangolin.

Trenggiling atau disebut juga sebagai trenggiling biasa, merupakan hewan yang hidupnya mendiami wilayah-wilayah sekitar hutan hujan di Asia, termasuk di hutan hujan Indonesia.

Di Indonesia, sebaran trenggiling adalah di Kalimantan, Sumatera dan Jawa.

Halaman
12
Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved