Pemdes Sungai Ringin Kejar Pembangunan Infrastruktur

Pemerintah desa Sungai Ringin berupaya melakukan pembangunan infrastruktur, hal ini dilakukan agar pemerataan pembangunan

Pemdes Sungai Ringin Kejar Pembangunan Infrastruktur
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Pemerintah Desa Sungai Ringin dan pihak Kecamatan Sekadau Hilir melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap sejumlah pembangunan yang ada di Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir. Sejumlah pembangunan yang dicek jalan rabat beton dan taman desa yang telah dikerjakan tahun anggaran 2018. 

Pemdes Sungai Ringin Kejar Pembangunan Infrastruktur

SEKADAU - Pemerintah desa Sungai Ringin berupaya melakukan pembangunan infrastruktur, hal ini dilakukan agar pemerataan pembangunan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kepala Desa Sungai Ringin, Abdul Hamid mengatakan, yang tak kalah penting juga diantaranya membangun sumber daya manusia (SDM), utamanya mengubah mindset masyarakat terlebih dahulu.

"Sehingga, secara tidak langsung bisa membawa masyarakat pada kemajuan dan pembangunan infrastruktur akan dikejar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Desa Sungai Ringin," ujar Kades.

Ia mengatakan, jika pembangunan infrastruktur hanya mengandalkan dana desa semata tentu akan sulit.

"Apalagi, dengan wilayah Desa Sungai Ringin yang begitu luas, tentu tidak akan mempunyai mengcover seluruhnya," lanjutnya.

Baca: Keuangan Ahmad Dhani Goyah, Mulan Jameela Mantan Duet Maia Estianty Nyanyi Bersama Orkes Dangdut

Baca: Bupati Kapuas Hulu AM Nasir: Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Paling Fundamental

Baca: Rakerda LP3KD Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot: Upaya Persiapan Untuk Ikuti Pesparani Tahun 2020

Karena itu pihaknya membuat pengajuan yang ditujukan kepada pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat. Pengajuan pembangunan yang disampaikan tersebut menurutnya juga tentu sudah dipetakan.

"Apabila pengajuan itu terealisasi di dusun A, misalnya dari Pemkab, Pemprov atau Pempus. Maka, desa akan mengalihkan pembangunan infrastruktur yang bersumber dari APBDes ke dusun B. Sehingga, ada pemerataan atau perimbangan untuk pembangunan infrastruktur," paparnya.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur sangat penting, khususnya untuk menghubungkan atau membuka daerah yang terisolir.

"Dengan dibukanya badan jalan, pedagang bisa masuk dan lainnya, dan dari sisi keamanan, tentu kami juga terus berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk kamtibmasnya. Ini semua dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Sungai Ringin," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved