Hotel Mercure dan Ibis Pontianak Kenalkan Menu Gangan Asam Haruan Banjar

Mecure dan Ibis City Center Pontianak memperkenalkan menu baru yang super lezat yaitu Gangan Asam Haruan Banjar

Hotel Mercure dan Ibis Pontianak Kenalkan Menu Gangan Asam Haruan Banjar
TRIBUNPONTIANAK/Mia Monica
Menu Gangan Asam Haruan Banjar di Hotel Mercure Pontianak. 

Hotel Mercure dan Ibis Pontianak Kenalkan Menu Gangan Asam Haruan Banjar

PONTIANAK - Masakan khas nusantara menjadi daya tarik bagi para wisatawan maupun pecinta kuliner khususnya di Indonesia. 

Nah, kali ini Mecure dan Ibis City Center Pontianak memperkenalkan menu baru yang super lezat yaitu Gangan Asam Haruan Banjar.

Gangan Asam Haruan Banjar merupakan menu makanan berbahan dasar Ikan Haruan atau kalau di Kalimantan Barat menyebutnya ikan gabus. Ikan Haruan ini memang cukup populer bagi masyarakat Kalimantan.  

“Mengapa demikian? karena Ikan Haruan ini sangat mudah ditemukan di Sungai Kalimantan. Hidangan spesial dari kalimantan ini disajikan dengan rempah-rempah yang pastinya akan menggugah selera. Gangan sendiri dalam bahasa Banjar artinya saus. Jadi rasa hidangan ini asam, segar dan teksturnya mirip sup. Hidangan ini identik dengan sup kuning yang warnanya berasal dari kunyit,” jelas chef Mercure City Center Pontianak, Samungun saat launching Culinary Journey Kalimantan, Jumat (23/8).

Baca: TRIBUNWIKI: 4 Spot Foto Menarik dan Unik di Taman Alun-alun Kapuas Pontianak

Alasan terpilihnya menu ini, selain rasanya yang lezat, menurut sejarahnya masyrakat Banjar sangat gemar memakan ikan haruan karena dipercaya ikan jenis ini memiliki khasiat yang luar biasa. Diantaranya bisa memulihkan luka setalah melahirkan dan juga bisa mengobati kanker.

“Anchor Hotel kan ada dimana-mana. Nah semua wajib memperkenalkan makanan dari daerahnya masing-masing. Kemudian dikompetisikan. Tapi kompetisinya lebih spesifik lagi, peregional kepualauan. Jadi misalnya Anchor Hotel di pulau kalimantan, pulau Jawa, Sumatra dan lain-lain. Untuk regional Kalimantan yang terpilih itu Gangan Asam Haruan Banjar dari Novotel Banjarmasin. Memang sekarang kita gencar mengangkat culture,” ujar Samungun.

Tujuan dari program ini adalah untuk mengekspose makanan daerah yang autentik sehingga bisa ditawarkan kepada para tamu hotel dan pecinta kuliner. 

Baca: TRIBUNWIKI: Keindahan Tersembunyi Bukit Pengantar di Kabupaten Landak

“Menu ini bisa didapatkan di semua Hotel Achor di Kalimantan. Nah untuk masyarakat Kalbar yang penasaran dengan kuliner banjar ini bisa langsung datang ke Hotel Mercure Pontianak. Harganya hanya Rp 75 ribu. Jangan khawatir rasanya beda sama yang di Banjar karena  Novotel Banjarmasin sudah membuat video cara memasaknya. Jadi soal rasa dijamin sama lezatnya.” ungkapnya.

Program ini dilaksankan setiap 3 bulan sekali. Yang nantinya setiap menu pilihan dari setiap kepulauan akan dikompetisikan lagi untuk menjadi menu Nasional.

Baca: KARIER - Zodiak Hari Sabtu 24 Agustus 2019, Ambil Kesempatan ARIES, Jangan Menunggu SAGITARIUS

Penulis: Mia Monica
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved