MotoGP

Hasil FP 2 MotoGP Inggris - Anulir Hukuman Quartararo, Rossi & Nakagami, Marquez Batal Tercepat

Hasil FP 2 MotoGP Inggris - Anulir Hukuman Quartararo, Rossi & Nakagami, Marquez Batal Tercepat

Hasil FP 2 MotoGP Inggris - Anulir Hukuman Quartararo, Rossi & Nakagami, Marquez Batal Tercepat
Instagram Fabio Quartararo
Hasil FP 2 MotoGP Inggris - Anulir Hukuman Quartararo, Rossi & Nakagami, Marquez Batal Tercepat 

Hasil FP 2 MotoGP Inggris - Anulir Hukuman Quartararo, Rossi & Nakagami, Marquez Batal Tercepat

MOTOGP - Marc Marquez batal menjadi pemuncak sesi latihan bebas kedua (free practice/FP2) MotoGP Inggris 2019 setelah FIM MotoGP Steward menganulir hukuman untuk ketiga pebalap.

Ketiga pebalap yang batal diberikan hukuman, yakni Fabio Quartararo (Petronas SRT Yamaha), Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda). 

Adanya keputusan yang dianulir tersebut juga membuat Fabio Quartararo mendapat kembali posisinya sebagai pembalap tercepat pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Inggris 2019.

Baca: UPDATE Hasil Kejuaraan Dunia Bulutangkis: Greysia/Apriyani Lolos Semifinal, Jonatan Cristie Terhenti

Waktu lap tercepat Fabio Quartararo memang sempat dibatalkan akibat dianggap melewati batas trek.

Dalam usahanya mencatat waktu lap 1 menit 59,225 detik, pembalap tim Petronas SRT Yamaha itu terlihat melewati area hijau setelah melewati tikungan 6.

Namun begitu, FIM MotoGP Steward menganulir hukuman terhadap Quartararo sehingga pembalap rookie itu kembali ke posisi teratas.

Quartaro mengungguli sang juara bertahan, Marc Marquez (Repsol Honda), yang awalnya menjadi pemilik waktu lap tercepat dengan 1 menit 59,476 detik.

Baca: FAKTA! MotoGP Inggris Lahirkan 5 Juara Berbeda - Lorenzo, Marquez, Rossi, Vinales hingga Dovisiozo

Hasil itu sekaligus membuat Quartararo mencatat rekor waktu lap terbaik di Sirkuit Silverstone yang awalnya dipegang Marquez.

Selain Quartararo, pembalap lain yang ditangguhkan hukumannya adalah Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda).

Waktu 1 menit 59,937 yang sempat dibatalkan membuat Rossi sekarang menduduki peringkat keempat FP2. The Doctor naik 13 peringkat dari sebelumnya di posisi ke-17.

Baca: Valentino Rossi Belum Juara MotoGP Sejak 2015, Kepala Teknisi Yakin The Doctor Raih Gelar ke-10

Sebelum FIM MotoGP Steward menganulir keputusannya, pengisi posisi lima besar lain secara berurutan adalah Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Cal Crutchlow (LCR Honda), Andrea Dovizioso (Ducati), dan Franco Morbidelli (Petronas SRT Yamaha).

Baca: Kabar Terbaru Sirkuit Silverstone, Lokasi MotoGP Inggris Pasca Batal Akibat Genangan Air Tahun 2018


Jalannya Balapan

Marc Marquez langsung tancap gas pada awal-awal sesi FP2. Tak sampai 10 menit, dia mencatat waktu lap 2 menit 0,186 detik.

Catatan Marc Marquez tersebut hanya terpaut 0,234 detik daripada waktu lap tercepat yang ditorehkan Fabio Quartararo pada sesi FP1 (1:59,952).

Run pertama Marc Marquez sendiri harus berakhir dalam waktu 12 menit. Usahanya mencari limit terhenti setelah terjatuh di tikungan delapan.

Namun begitu, waktu lap Marquez tersebut bertahan cukup lama di posisi teratas. Setelah 20 menit berlalu, hanya ada dua pembalap yang mencatat waktu lap di sub 1 menit 20 detik.

Baca: Jadwal MotoGP Inggris 2019 Berubah, Live Trans7: MotoGP Digelar Setelah Moto3, Moto2 Paling Akhir

Mereka adalah Cal Crutchlow (2:00,970) dan Fabio Quartaro (2:00,992). Adapun pembalap lain masih belum melakukan time attack dan fokus melakukan simulasi lomba (long lap).

Saat 25 menit berlalu, Alex Rins kemudian masuk dan mencatat waktu lap 2 menit 0,892 untuk bertengger di posisi kedua. Fabio Quartararo membalas dengan 2 menit 0,599.

Adapun penantang gelar juara, Andrea Dovizioso, berada di posisi kelima (2:00,905). Dia diikuti Takaaki Nakagami (2:00,936), Valentino Rossi (2:01,092), dan Maverick Vinales (2:01,123).

Marc Marquez baru kembali ke trek saat FP3 menyisakan waktu tujuh menit. Kedatangannya seolah menjadi penanda bahwa adu waktu tercepat telah dimulai.

Cal Crutchlow menjadi pembalap pertama yang mengancam dengan gap 0,072 detik dari Marquez. Franco Morbidelli mengisi posisi tiga besar dengan gap 0,081 detik.

Posisi Marc Marquez baru tergeser pada menit terakhir FP2.

Baca: Hasil & Klasemen Liga 1 Terkini: Tajam di Ujung Laga, PSS Kalahkan PSM & Salip Madura United

Maverick Vinales memuncaki FP2 dengan 2 menit 59,765 detik. Akan tetapi, Marc Marquez langsung kembali merebut posisi puncak dengan waktu lap 1 menit 59,476 detik.

Catatan waktu Marquez bahkan melampaui rekor Sirkuit Silverstone (1:5,941) yang dicatatkannya pada musim 2017 silam.

Hingga FP2 berakhir, tidak ada pembalap lain yang dapat mengungguli catatan waktu Marquez. Andrea Dovizioso hanya dapat merangsek ke posisi ketiga sebelum digeser Cal Crutchlow.

Sementara Valentino Rossi terancam harus melalui sesi kualifikasi pertama (Q1). Akibat melewati batas trek, waktu lapnya dibatalkan sehingga merosot ke posisi 17.

Fabio Quartaro hampir mengalahkan torehan waktu Marquez andai tidak mendapat hukuman yang sama seperti Rossi.

Alhasil, bukannya menjadi pembalap tercepat, posisi Quartararo turun ke urutan 11. Meski begitu, secara keseluruhan (gabungan hasil FP1 dan FP2) dia masih berada di posisi 10 besar.
 
(*)
Penulis: Haryanto
Editor: Haryanto
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved