PLTU Parit Baru Site Bengkayang Beropersi Penuh 100 MW, Kuatkan Sistem Kelistrikan Kalbar

Unit dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap Parit Baru Site Bengkayang (PLTU PBSB) 2x50 MW berhasil beroperasi pada Juli lalu

Editor: Ishak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
PLTU Parit Baru site Bengkayang, Rabu (21/8/2019) 

PLTU Parit Baru Site Bengkayang Beropersi Penuh 100 MW, Kuatkan Sistem Kelistrikan Kalbar
 
BENGKAYANG – Unit dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap Parit Baru Site Bengkayang (PLTU PBSB) 2x50 MW berhasil beroperasi pada Juli lalu.

Artinya, kedua unit PLTU ini telah dapat beroperasi secara penuh untuk menambah suplai 100 MW bagi keandalan Sistem Kelistrikan Khatulistiwa. 

Sebelum beroperasi secara penuh, unit dua PLTU yang terletak di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang ini telah melalui serangkaian pengetesan. 

Manager PLN UPP Kitring KBB 3, Benaya S Winowoda menyebutkan, tes yang telah dilaksanakan sebelumnya antara lain tes pembebanan (load test), tes keandalan pembangkit selama 30 hari (reliability run test), dan juga tes unjuk performa pembangkit (performance test) yang dilakukan untuk memastikan kemampuan maksimal unit pembangkit.

Baca: Sekadau Sering Alami Pemadaman Listrik, Ini Penjelasan Manager PLN Rayon Sekadau Rumiyo Pujiantoro

Baca: PLN Kalbar Gelar Media Touring 2019, Perkenalkan Sistem Kelistrikan di Kalimantan Barat

Baca: PLN Peduli Bantu UMKM Peroleh Sertifikat Halal

"Masuknya unit dua PLTU ini akan menguatkan keandalan sistem kelistrikan kita. Harapannya, pembangkit diesel yg selama ini beroperasi terutama mesin-mesin sewa dapat dihentikan, sehingga dapat menekan biaya pokok produksi listrik di Kalbar," pungkasnya. 

Daya listrik sebesar 50 MW ini dapat mengaliri listrik bagi kurang lebih 45.000 pelanggan rumah tangga dengan asumsi daya tersambung per pelanggan sebesar 1300 VA. 

Meskipun secara seremonial belum diresmikan, PLTU seluas 45 hektar ini telah mampu tersambung dengan sistem kelistrikan yang ada.

Dengan pasokan listrik yang semakin baik di Sistem Kelistrikan Khatulistiwa ini nantinya dapat meningkatkan iklim positif berinvestasi dan mendorong kemajuan ekonomi di Kalimantan Barat. (Rizki Fadriani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved