BUMN HADIR UNTUK NEGERI 2019

Berkunjung ke Mangrove Park di Mempawah, Siswa Bali Belajar Tentang Tanaman Mangrove

Sebanyak 25 orang siswa-siswi dari Provinsi Bali yang ikut dalam Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ya'M Nurul Anshory
Siswa SMN dari Provinsi Bali berkunjung ke Mempawah Mangrove Park di Desa Pasir, Mempawah Hilir, Rabu (21/8/2019). 

Berkunjung ke Mangrove Park di Mempawah, Siswa Bali Belajar Tentang Tanaman Mangrove

MEMPAWAH - Sebanyak 25 orang siswa-siswi dari Provinsi Bali yang ikut dalam Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri yang ada di Kabupaten Mempawah mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Mempawah Mangrove Park di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Rabu (21/8/2019).

Mereka disambut hangat oleh Kabid Pariwisata, Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Raja Fajar. Sebagai pengelola hutan konservasi mangrove di Kabupaten Mempawah, dia mengajak siswa-siswi untuk berkeliling taman mangrove. 

Belajar mengenal jenis-jenis mangrove, mengapa penting mangrove itu dilestarikan, dan apa dampaknya jika pantai tidak ditanami mangrove. Sebelumnya, pada pagi hari mereka telah belajar menanam di taman mangrove binaan PT Askrindo.

Dalam kesempatan berkunjung ke Mempawah Mangrove Park, para siswa-siswi dari Bali tersebut memanfaatkan momen untuk berswafoto dan sekaligus menambah ilmu pengetahuan mereka agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di daerah asal.

Usai berkunjung ke taman mangrove, mereka diberi kesempatan untuk menikmati kuliner di Kantin Bestari. Disana mereka disuguhkan berbagai macam menu yang sudah populer.

Baca: Kasus Dugaan Korupsi Dana Aspirasi Ketapang, Kejari Ketapang Bisa Tetapkan Tersangka Lain

Baca: Pemprov Kalbar Akan Mengacu 8 Perubahan Reformasi, Guna Tingkatkan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Baca: Ombudsman Kalbar Harapkan Adanya Produktivitas Perangkat Daerah Dalam Berinovasi

Kemudian mereka melanjutkan perjalanan menuju salah satu cagar budaya yakni Makam Opu Daeng Manambon di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir.

Dengan menggunakan transportasi bus, mereka berjalan menuju lokasi makam, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki ke atas bukit yang merupakan lokasi makam Opu Daeng Manambon beserta kerabatnya.

Disana mereka dipandu oleh relawan pengurus makam, Lili Surya (59). Pria lanjut usia itu masih gagah menapaki satu persatu ratusan anak tangga menuju ke lokasi makam. Didepan makam Opu Daeng Manambon para siswa-siswi duduk bersila mendengar cerita dari juru kunci makam.

Mulai dari sejarah Kerajaan Mempawah, sejarah Opi Daeng Manambon, siapa saja sanak keluarga yang dimakamkan di arela tersebut sampai cerita-cerita mistis yang menjadi ciri khas cagar budaya tersebut.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved