Komitmen Mantan Bupati Sambas Perjuangkan Kaum Perempuan di DPRD Kalbar

Kalau program, kata dia, perda barang kali akan dibicarakan bagaimana untuk mengangkat nyali, pemahaman, dan kiprah perempuan

Komitmen Mantan Bupati Sambas Perjuangkan Kaum Perempuan di DPRD Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HAMDAN DARSANI
Ketua DPC PKB Sambas, Juliarti 

Komitmen Mantan Bupati Sambas Perjuangkan Kaum Perempuan di DPRD Kalbar

PONTIANAK – Anggota DPRD Kalbar terpilih periode 2019-2024, Juliarti Djuhardi Alwi komit untuk memperjuangkan hak perempuan di parlemen.

"Kita tentu komit namun perku dukungan yang perlu komprehensif, dari dulu saya peduli, namun tentu tidak cukup karena waktu yang terbatas dan tugas banyak, karena kira juga ada keterbatasan," katanya, Minggu (18/08/2019).

Kalau program, kata dia, perda barang kali akan dibicarakan bagaimana untuk mengangkat nyali, pemahaman, dan kiprah perempuan agar bisa bergerak membela kaum perempuan.

"Saya Insyallah akan mencoba untuk berkontribusi memberikan pemahaman, mentransfer knowledge yang saya rasakan selama ini kepada mereka (kaum perempuan)," jelasnya.

Baca: Mantan Bupati Juliarti Tidak Maju Pilkada Sambas 2020

Baca: Juliarti Apresiasi Wasekjen PKB Daniel Johan Karena Hal-hal Ini

Ia menilai dari segi pemerintah, segala aturan sudah difasilitasi, satu diantaranya untuk anggota DPR dan begitu juga caleg perempuan yang jika tidak mencapai 30 persen seluruhnya caleg ditolak, sehingga perempuan diharuskan untuk ikut berkontribusi.

Walaupun memang sisi negatifnya, kata dia, pengambilan caleg perempuan terkesan tidak selektif karena untuk memenuhi kuota.

Sementara dari segi masyarakat pemilih, lanjutnya tergantung masyarakat.

Jika pemilih idealis memilih dengan melihat kualitas hanya beberapa persen dibanding dengan pragmatis.

Baca: PKB Raih 4 Kursi di DPRD Sambas, Juliarti Sebut Bentuk Kepercayaan Masyarakat Sambas

Baca: Suhari Dukung Penuh Juliarti Ketua DPC PKB

"Dari segi kualitas perempuannya, saya berpatokan pada tau, mau dan mau tau. Jika saya lihat di Sambas aktifitas perempuan sudah meningkat dibanding sebelumnya, nyali perempuan untuk perempuan sudah nampak di Kabupaten Sambas," jelasnya.

Untuk di parpol, lanjut dia,ada sayap partai khusus untuk politik perempuan, yakni organisasi Perempuan Bangsa.

"Saya memang ingin mengembangkan perempuan bangsa yang benar-benar dipilih di perkecamatan, Insyallah melalui itu saya bisa. Bagi saya, politik ialah bagaimana agar rakyat percaya dengan kita. Namun, ada juga yang berpolitik untuk menang. Politik memang perlu untuk perempuan bagaimana mereka ada nyali, mengembangkan kapasitas mereka di Kabupaten Sambas," katanya

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved