FKUB dan Pemuda Cinta NKRI Sampaikan Pernyataan Sikap

Polres Sanggau menggelar Silahturahmi Kambtibmas dengan Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten dan Kecamatan di wilayah Kabupaten Sanggau

FKUB dan Pemuda Cinta NKRI Sampaikan Pernyataan Sikap
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Bupati Sanggau, Paolus Hadi saat foto bersama jajaran Forkopimda dan FKUB serta undangan lainya usai berlangsungnya kegiatan, di depan Mapolres Sanggau, Senin (19/8/2019). 

FKUB dan Pemuda Cinta NKRI Sampaikan Pernyataan Sikap

SANGGAU - Polres Sanggau menggelar Silahturahmi Kambtibmas dengan Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten dan Kecamatan di wilayah Kabupaten Sanggau untuk mencegah intoleran dan Radikalisme. Kegiatan berlangsung di Aula Mapolres Sanggau, Senin (19/8/2019).

Dalam kegiatan itu, Sejumlah tokoh agama yang tergabung dalam FKUB dan tokoh adat serta tokoh masyarakat Kabupaten Sanggau menyampaikan pernyataan sikap atas viralnya video Ustadz Abdul Somad (UAS) di media sosial.

Acara yang digagas Kapolres Sanggau Imam Riyadi tersebut dihadiri Bupati Sanggau Paolus Hadi, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Gede Setiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau Tengku Firdaus, Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau H M Taufik, Ketua FKUB Pdt Suyono, Perwakilan DAD Kabupaten Sanggau M Ajau.

DAD Kecamatan, Kasi kesbangpolinmas, Sisilia, para Kapolsek se Kabupaten Sanggau, Sekretaris MABM Sanggau, Ade Syafari, Bamag, Pendeta Daut Simarmata, Ketua NU Sanggau, H Toyib SA, Wakil Ketua Muhammadiyah Sanggau Abdul Rahim, Paguyuban se Kabupaten Sanggau, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh Pemuda se Kabupaten Sanggau serta undangan lainya.

Pernyataan sikap yang disampaikan, pertama menolak adanya provokasi dan ujaran kebencian/hate speech yang bisa menimbulkan perpecahan persatuan dan kesatuan NKRI.

Baca: Ketua DPRD Ketapang Hadi Mulyono Upas: Penetapan Status Tersangka Terindikasi Dipaksakan

Baca: SEDANG LIVE Streaming Indosiar, Arema Vs Barito Putera Skor 0-0, Live Bola Liga 1 2019

Baca: KRONOLOGI Billy Syahputra Ditipu Driver Ojek Online, Pacar Elvia Cerolline Diumpat Kalimat Kasar

Kedua, mengimbau kepada segenap umat beragama untuk menghentikan segala spekulasi yang bisa memperkeruh situasi. Ketiga, menolak radikalisme, intoleransi dan terorisme. Ke empat, menyerahkan dan mendukung sepenuhnya penanganan kepada pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Penegak hukum lainnya. Kelima, menciptakan situasi Kabupaten Sanggau yang aman, sejuk dan damai.

Sementara itu, pernyataan sikap juga disampaikan Pemuda Cinta NKRI yang dimotori oleh Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sanggau, Hubertus V Wake, Ikatan Sarjana Katolik Sanggau Yulia Theresia, Bamag Sanggau Pdt Daud Simarmata, Pemuda Oikumene Sanggau As Vikal, OMK Paroki Batang Tarang Oktavianus Ary dan OMK Paroki Bunut Edwardus Nanyo Singkil.

Bunyi pernyataan sikap tersebut adalah sebagai berikut, pertama mendukung Kabupaten Sanggau yang damai dan toleran. Dua, mendukung Sanggau terbebas dari bahaya hoax dan narkoba.

Ketiga, mengecam keras pernyataan Ustad Abdul Somad dalam ceramahnya terkait dengan pembahasannya tentang salib.

Halaman
12
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved