Suma Jenny Heryanti Perjuangkan Kaum Perempuan, Implementasikan dalam Produk Perda

Kehadiran perempuan di parlemen, kata Suma, diharapkan dapat menjamin kepentingan kaum perempuan menjadi prioritas

Suma Jenny Heryanti Perjuangkan Kaum Perempuan, Implementasikan dalam Produk Perda
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Barat, Hj Suma Jenny Heryanti. 

Suma Jenny Heryanti Perjuangkan Kaum Perempuan, Diimplementasikan dalam Produk Perda

PONTIANAK – Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suma Jenny Heryanti yang kembali terpilih untuk periode 2019-2024 mengungkapkan jika perjuangan dirinya untuk kaum perempuan diimplementasikan dengan produk peraturan daerah (perda).

Sebelumnya diungkapkan Suma, keterwakilan perempuan memang tidak mencapai 30 persen, dari jumlah 65 orang saat ini hanya 9, tetapi, kata dia, hasil perolehan kursi dari tahun sebelumnya hingga sekarang selalu meningkat.

Dengan selalu meningkat, lanjutnya, menunjukan kepercayaan masyarakat pada perempuan untuk mewakilkan di parlemen terus meningkat.

Kehadiran perempuan di parlemen, kata Suma, diharapkan dapat menjamin kepentingan kaum perempuan menjadi prioritas, satu diantaranya dalam mengambil kebijakan. Misalnya terkait dengan isu pengentasan kemiskinan, hingga pemerataan pendidikan.

Baca: Minta Tidak Golput, Suma Jenny Tegaskan Rakyat Punya Kuasa Dalam Sistem Demokrasi

Baca: Minta Tidak Golput, Suma Jenny Tegaskan Rakyat Punya Kuasa dan Daulat Dalam Sistem Demokrasi

"Perjuangan untuk kepentingan perempuan diimplementasikan didalam peraturan daerah (perda), kita ada perda keluarga sakinah, perda perlindungan perempuan dan anak juga sudah, kerukunan keluarga keharmonisan juga sudah, yang kita ajukan dari DPR," kata dia, Minggu (18/08/2019).

Perda yang ada, lanjutnya, diharapkan dapat diimplementasikan dimasyarakat secara umum agar keluarga yang harmonis, sakinah, mawadah dan warohmah dapat terwujud dan diterapkan khususnya di Kalbar, sehingga juga baik untuk anak dan masa depan bangsa.

"Kita juga mendorong sebagai perempuan diparlemen memperjuangkan hak perempuan sebagai prioritas, saya juga aktif diorganisasi Badan Kerjasama Organisasi Wanita, disitu ada kerjasama untuk pemberdayaan perempuan," bebernya.

Selain itu, pihaknya, lanjut Suma Jenny, bekerjasama dengan BKKBN dan mensupport program pemerintah.

Baca: Anggota DPRD Kalbar Suma Jenny Dukung Pemekaran Provinsi Ketapang

Baca: Suma Jenny Terpanggil Jenguk Pasien DBD

Kedepan, Suma mengatakan, akan terus mensupport kebutuhan kaum perempuan dan masyarakat pada umumnya.

Teranyar, ia ingin memformulakan bagaimana agar kebutuhan seorang perempuan untuk bekerja dan mendidik anak dapat bersamaan. Maka diperlukan tempat penitipan yang dekat dengan tempat kerja.

Selain itu juga, kata dia, kebutuhan pendidikan dengan mengedukasi keluarga agar selalu memberikan pendidikan anak. Yang pada umumnya jika ke pusat perbelanjaan membawa anak bermain, kedepan juga harus dibawa ke tempat pusat membaca.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved