Edukasi Pendidikan Lewat Kegiatan Charity Day

Komunitas Aku belajar kini sudah menjadi wadah bagi pemerhati pendidikan di daerah. Dalam penjelasan Umum Undang-Undang Republik

Edukasi Pendidikan Lewat Kegiatan Charity Day
IST
Satu di antara kegiatan komunitas Aku Belajar 

Edukasi Pendidikan Lewat Kegiatan Charity Day

PONTIANAK - Komunitas Aku belajar kini sudah menjadi wadah bagi pemerhati pendidikan di daerah. Dalam penjelasan Umum Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan, “Manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya. Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat”.

"Visi ini mensyaratkan bahwa, sebagai institusi, pendidikan haruslah solid. Idealnya pendidikan yang solid adalah pendidikan yang steril dari berbagai masalah. Namun tak terelakkan, suka atau tidak suka, masalah akan selalu muncul dimana pun bahkan di pendidikan negeri ini," ujar Humas biro komunikasi, Mia Islamidewi.

Lanjutnya, gerakan ini diinisiasi oleh Organisasi Aku Belajar yang dengan harapan dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan pendidikan yag ada di kalimantan Barat.

Ia menjelaskan, berbagai kegiatan telah mereka lakukan seperti Charity Day Aku Belajar. Kegiatan itu adalah pentas seni yang menampilkan keativitas kolaborasi antara volunteer ‘Aku Belajar’ dan adik–adik ‘Aku Belajar’.

Baca: Komunitas Aku Belajar Jadi Wadah Gerakan Peduli Kependidikan Anak Muda

Baca: IAIN Pontianak Gelar Pembekalan Kampung Riset 2019 dan Launcing Buku Karya Dosen dan Mahasiswa

Baca: KKN Revolusi Mental Kelompok 5 Sajikan Inovasi Produk Kripik Kelapa

Kegiatan ini merupakan kegiatan penutup dari rangkaian progam Aku Belajar dalam bentuk kegiatan belajar gratis bagi anak-anak di daerah marjinal yang pada tahun ajaran 2017-2018 ini berlokasi dikawasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah Batulayang yang telah berjalan selama 1 semester.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan ruang bagi anak-anak di daerah marjinal ini untuk dapat menunjukkan keberanian dan kreativitas.

Mereka berupa penampilan drama musikal, tarian tradisional, pameran hasil kerajinan anak-anak dan pemaparan proses belajar mengajar dari hasil kerja keras volunteer yang telah berkomitmen selama 1 semester untuk membagikan tenaga, hati, waktu dan pikiran mereka untuk memberikan pengajaran gratis bagi anak-anak didaerah marjinal ini.

Harapan besar terlaksananya kegiatan ini juga untuk menjadi media publikasi dan penyampaian informasi kepada khalayak ramai sebagai sebuah ajakan untuk berkontribusi secara aktif bagi kemajuan dunia pendidikan Kalimantan Barat dan sebagai momentum untuk mengenal organisasi Aku Belajar.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved