Dirgahayu RI

Peringati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, 90 Komunitas Kibarkan Bendera di Sungai Kapuas

Saya sebagai peserta upacara ikut meramaikan dan mengikuti jalannya upacara hingga selesai

Peringati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, 90 Komunitas Kibarkan Bendera di Sungai Kapuas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Suasana pengibaran bendera di Sungai Kapuas dan Waterfront Pontianak , Provinsi Kalbar, Sabtu (17/8/2019). 

Peringati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, 90 Komunitas Kibarkan Bendera di Sungai Kapuas

PONTIANAK - Pengibaran Bendera Merah Putih di Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia untuk pertama kalinya dilakukan dalam sejarah.

Sebanyak 90 komunitas bergabung dalam mensukseskan pengibaran sang merah putih di tengah-tengah tengah Sungai Kapuas Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat pada pukul 06.30 WIB, Sabtu (17/8/2019).

Pengibaran bendera ini diikuti juga oleh sekitar ribuan orang yang hadir di sepanjang Waterfront Pontianak untuk melakukan upacara bendera.

Baca: Meriahkan Perayaan HUT RI ke-74, PLN Ketapang Gelar Acara Fun Friday

Baca: VIDEO: Hukum Melihat Salib Jadi Alasan Brigade Meo NTT Polisikan Ustadz Abdul Somad! Ini Videonya

Bendera dengan lebar 8 meter dan panjang 25 meter dikibarkan disepanjang Jembatan Kapuas diiringi upacara bendera dengan menggunakan ponton dan beberapa kapal wisata tersebut disaksikan ribuan masyarakat Kota Pontianak dalam rangka memperingati HUT Ke-47 Kemerdekaan RI.

Koordinator pelaksanaan upacara Juliansyah mengatakan 90 komunitas hadir untuk melaksanakan upacara bendera pertama kali dilakukan di Sungai Kapuas melibatkan sekitar seribu orang termasuk warga Kota Pontianak.

"Pertama kali dalam sejarah bentangan bendera merah putih kami kibarkan dengan upacara yang dilakukan diatas ponton, kapal wisata ditengah sungai," ujarnya di Waterfront Benua Melayu Laut , Provinsi Kalbar, Sabtu (17/8/2019).

Menurutnya selain melakukan upacara bendera, sebanyak empat drone membawa bendera merah putih dengan ukuran 120cm X 80cm.

"Usai upacara, peserta langsung melakukan tari bejepin dan ada pentas seni budaya juga. Peserta dari 90 komunitas menggunakan baju merah putih membuat semarak HUT RI tahun ini," tuturnya.

Salah satu warga, Ana (21) mengaku baru pertama kali mengikuti upacara yang dirasa unik seperti ini. Ia merasa bangga bisa menjadi bagian sejarah melihat upacara bendera ditengah Sungai Kapuas pada HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

"Saya sebagai peserta upacara ikut meramaikan dan mengikuti jalannya upacara hingga selesai," ujarnya.

Baca: Sudah 12 Tahun Mengabdi, Dewi: Nasib Guru Honorer Memprihatinkan

Dari Waterfront, warga Kota Pontianak dapat menyaksikan upacara sekaligus mengabadikan momen pengibaran bendera di tengah sungai yaitu diatas ponton dan dibawah Jembatan Sungai Kapuas.

Pengibaran bendera ditengah sungai Kapuas ini selain melibatkan beberapa Kapal wisata juga melibatkan 12 penambang motor air guna mengangkut peserta upacara dari Waterfront menuju kapal ponton yang berada ditengah sungai Kapuas.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved