Dirgahayu RI

2600 Pelajar Semarakan Karnaval HUT RI ke-74 di Kabupaten Sintang

Indonesia Maju ini dirinya berharap generasi muda di Sintang ini bisa menunjukkan keunggulannya di masa depan.

2600 Pelajar Semarakan Karnaval HUT RI ke-74 di Kabupaten Sintang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Sebanyak 2.600 orang peserta terdiri dari para pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat yang ada di Kota Sintang mengikuti kegiatan Karnaval dalam rangka peringatan dan memeriahkan HUT RI ke-74 tahun 2019 dilepas oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sintang Imran, SH. MH di depan Pendopo Bupati Sintang,  Jumat (16/8/2019) sore. 

2600 Pelajar Semarakan Karnaval HUT RI di Kabupaten Sintang 

SINTANG- Sebanyak 2.600 orang peserta terdiri dari para pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat yang ada di Kota Sintang mengikuti kegiatan Karnaval dalam rangka peringatan dan memeriahkan HUT RI ke-74 tahun 2019. 

Karnaval  dilepas oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sintang Imran, SH. MH di depan Pendopo Bupati Sintang,  Jumat (16/8/2019) sore. 

Dalam karnaval ini para peserta menggunakan berbagai pakaian adat daerah nusantara, pakaian Dinas profesi karir seperti TNI/POLRI, Sat Pol PP, dokter, ASN Pemda Sintang, pakaian kreasi dari bahan daur ulang dan pakaian instansi lainnya serta juga menampilkan berbagai kesenian daerah nusantara.

Kegiatan tersebut turut di hadiri Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno,M.Med.PH, Sekretaris Daerah Kab. Sintang Dra. Yosepha Hasmah, M. Si, unsur Forkopimda Kab. Sintang, unsur OPD Kab. Sintang dan tamu undangan lainnya. 

Baca: Gubernur Sutarmidji Minta ASN Simak Kembali Pidato Kenegaraan Presiden  

Baca: Jadwal MotoGP Inggris 2019, Siaran Langsung Trans7 Jam 19.00: Valentino Rossi Sampaikan Pengakuan

Di temui usai kegiatan,  Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan bahwa karnaval ini sangatlah penting dilaksanakan, mengapa demikan, karena ini sebagai salah satu cara untuk melihat ekpresi dari para anak muda atau para pelajar yang ikut serta, terlebih usia mereka masih usia remaja.

sehingga seperti apa mereka memaknai hari kemerdekaan Indonesia ini, apakah mereka bahagia, gembira, turut bersuka cita atau lainnya, sehingga ini merupakan kegiatan yang sangat positif membentuk mereka. 

"generasi muda ini harus kita ciptakan jadi sumber daya yang unggul. Untuk unggul tidak cukup hanya cerdas intelektual seperti dengan belajar, menghafal dan sebagainya, tapi dia mesti cerdas secara emosional dan spritual, sehingga kegiatan ini bisa kita liat ekpresi mereka seperti apa memaknainya"ujar Jarot. 

Lanjut jarot bahwa dengan sumber daya manusia unggul itulah masa depan Indonesia secara khusus Kabupaten Sintang ada di tangan mereka kedepannya.

terlebih sudah di hitung sedemikian rupa bahwa tahun 2045 mendatang pada saat satu abad Indonesia merdeka, yang di sebut sebagai tahun emas Indonesia dan Indonesia di prediksi sebagai negara terbesar ketiga di dunia. 

"peran anak-anak muda yang hadir inilah nantinya bisa menentukan arah bangsa Indonesia, jadi mereka harus kita jaga, kita mengerti, beri ruang mereka untuk mengembangkan diri, dan jangan sampai kita biarkan mereka begitu saja, karena mereka adalah aset bangsa Indonesia"ucap Jarot. 

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Sintang Imran dalam sambutannya mengatakan melalui semarak karnaval ini kita semua belajar tentang bagaimana memeriahkan hari kemerdekaan kemudian di tuangkan pada kreasi yang penuh kreativitas melalui busana-busana karnaval yang mengusung berbagai pakaian adat budaya nusantara, penampilan profesi melalui pakaian yang di gunakan para peserta. 

"melalui ini kita dapat melihat indahnya perbedaan, kita bersatu, berpadu dengan harmonis, sehingga melalui kegiatan ini kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan, kembali bersatu merajut kebersamaan karena Sintang adalah kita"kata Imran. 

Tambah Imran, melalui tema SDM Unggul, Indonesia Maju ini dirinya berharap generasi muda di Sintang ini bisa menunjukkan keunggulannya di masa depan. 

Sehingga kegiatan karnaval merupakan salah satu cara untuk membentuk mereka menjadi generasi yang unggul baik secara intelektual maupun spritual dan emosional. 

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved