Musim Tangkap Ikan, Bhabinkamtibmas Ingatkan Warga Jangan Pakai Tuba dan Strum

Musim kemarau saat ini tentulah akan terjadinya penurunan debit air secara drastis baik di sungai, danau, kanal kecil dan tampungan

Musim Tangkap Ikan, Bhabinkamtibmas Ingatkan Warga Jangan Pakai Tuba dan Strum
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Anggota Bhabinkamtibmas ingkatkan warga tidak berburu ikan dengan cara tuba dan strum 

Musim Tangkap Ikan, Bhabinkamtibmas Ingatkan Warga Jangan Pakai Tuba dan Strum

LANDAK - Musim kemarau saat ini tentulah akan terjadinya penurunan debit air secara drastis baik di sungai, danau, kanal kecil dan tampungan lainya.

Lokasi-lokasi tersebut rata-rata akan menyusut, bahkan ada juga yang mengering. Momen seperti ini biasanya dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berburu ikan.

Berbagai macam cara masyarakat untuk memperoleh ikan buruannya, mulai dengan cara dikuras, dengan cara ditanggok, dengan cara dijaring.

Tetapi tidak jarang juga ada oknum warga yang menggunakan cara praktis menangkap ikan. Yakni dengan menuba (racun ikan) dan setrum yang tentunya membahayakan sipengguna.

Baca: Cegah Pelanggaran, Propam Polsek Ngabang Gelar Gaktibplin

Baca: Vanessa Angel Bongkar Perselingkuhan Suami Sarwendah, Ruben Onsu Curhat Dicari-cari Orang

Baca: Kodam XII Tanjungpura Berikan Materi Bela Negara ke Mahasiswa Baru Untan

Mengantisipasi adanya oknum warga yang mencari ikan dengan cara demikian, Bhabinkamtibmas Desa Dara Itam Bripka Hossana Imanuel Kamaleng turun ke lapangan guna memastikan tidak ada warganya yang coba-coba.

Seperti yang dilakukannya dengan menemui warga Dusun Selaba, Desa Dara Itam yang merupakan wilayah yang dia kenal akan tradisi menangkap ikan saat musim kemarau.

Kepada warga setempat ia menyampaikan imbauan tentang larangan menangkap ikan menggunakan tuba mau pun strum.

"Selain merusak ekositem dan habitat yang berada di air, limbahnya juga sangat membahayakan pengguna air lainnya," imbau Bripka Hosana yang kerap disapa bang Manu.

"Jadi saya ingatkan lagi, jangan ada warga di sini yang gunakan tuba dan strum kalau mau nangkap ikan. Kita bisa dapat sangsi hukum," tegas Manu pria berdarah timor ini.

Satu diantara warga Dusun Selaba Nampung menyampaikan dukungannya terhadap imbauan yang disampaikan Manu, dan dia beserta warga lainnya berjanji tidak akan menggunakan cara illegal untuk menangkap ikan.

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved