VIDEO: Penjelasan Kasat Reskrim Polres Mempawah Terkait Penanganan Pelaku Pembakar Lahan

Kasat Reskrim Polres Mempawah, AKP Sutrisno mengatakan selama tahun 2019 ini sudah ada tiga kasus tindak pidana lingkungan hidup

VIDEO: Penjelasan Kasat Reskrim Polres Mempawah Terkait Penanganan Pelaku Pembakar Lahan

MEMPAWAH - Kasat Reskrim Polres Mempawah, AKP Sutrisno mengatakan selama tahun 2019 ini sudah ada tiga kasus tindak pidana lingkungan hidup (LH) khususnya pembakaran lahan yang mereka tangani, dimana satu diantaranya sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Mempawah dan sudah masuk ke tahap dua.

Ketiga orang pelaku pembakar lahan tersebut yakni S, yang kedapatan sedang membuka lahan dengan cara dibakar saat personel Polres Mempawah sedang patroli di Jalan Pangsuma, Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur, dan D yang juga kedapatan membuka lahan dengan cara di bakar di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh Jumat (9/8) kemarin.

"Berdasarkan hasil penyelidikan terhadap kasus karhutla yang terjadi pada wilayah hukum Polres Mempawah, kita sudah menangani tiga kasus diantaranya di satu kasus wilayah Polsek Mempawah Timur, dan dua kasus Polsek Sungai Pinyuh," ujarnya.

Dalam kasus yang sedang mereka tangani, AKP Sutrisno mengatakan ada terduga pelaku yang membakar lahan lebih dari dua hektar, dan ada pula yang membakar kurang dari satu hektar.

Baca: PERINGATAN DINI BMKG Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi di Indonesia, Lihat Prakiraan di Kalbar

Baca: Tak Lama Lagi Menikah dengan Cut Meyriska, Foto Lama Roger Danuarta & Diana Pungky Jadi Perbincangan

Baca: Status Daerah Tertinggal Kayong Utara Dicabut, Bupati Citra Janji Tingkatkan Jadi Kabupaten Maju

Pihaknya juga sudah mengamankan dan menyerahkan satu orang kepada Kejaksaan. Sementara dua orang masih dalam proses penanganan penyidik. Namun kata dia, dua orang tersebut belum diamankan di Polres Mempawah sebab masih dilakukan pemeriksaan.

"Mereka diduga dengan sengaja membakar lahan milik mereka sendiri, walaupun itu lahan milik mereka sendiri, tetap tidak dibenarkan membuka lahan dengan cara dibakar," ujarnya.

Simak videonya dalam petikan di atas.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved