Citizen Reporter

Pusdiklat Kemlu Gandeng SMESCO Kementerian Koperasi dan UKM Promosi Produk UKM ke Pasar Rusia

Pusdiklat Kemlu Gandeng SMESCO Kementerian Koperasi dan UKM Promosi Produk UKM ke Pasar Rusia

Pusdiklat Kemlu Gandeng SMESCO Kementerian Koperasi dan UKM Promosi Produk UKM ke Pasar Rusia
Windu Setiyoso/IST
Direktur Sesparlu Kemenlu memberikan cinderamata kepada pemilik iTEKO dan Direktur Bisnis dan Pemasaran SMESCO, di gedung SMESCO Kementerian Koperasi dan UKM, dalam acara Talkshow dengan tema "How to Penetrate Russian Market" yang dilaksanakan Senin 12 Agustus 2019 

Citizen Reporter

Windu Setiyoso
Peserta Sekolah Staf dan Pimpinan Kementerian Luar Negeri

Talkshow "How to Penetrate Russian Market" yang digelar di gedung SMESCO Kementerian Koperasi dan UKM, Senin 12 Agustus 2019 berlangsung dengan hangat dan meriah.

Direktur Utama SMESCO, Emilia Suhaimi, dalam pembukaannya menyambut baik pelaksanaan kegiatan Talkshow ini.

Diluar dugaan, tidak kurang dari 60 orang pengusaha bisnis UKM dan lebih dari 15 orang pelaku bisnis dari Rusia dan diaspora Warga Negara Rusia yang tinggal di Indonesia telah menghadiri acara tersebut.

Acara talk show ini terselenggara berkat kerja sama antara SMESCO, iTEKO (grup importir bisnis asal Rusia) dan salah satu grup peserta Diklat Sesparlu Angkatan 62 dari Kementerian Luar Negeri ini diharapkan akan berbuah kontrak bisnis dan kesepakatan ekspor antara para pelaku bisnis UMKM Indonesia dan pebisnis importir Rusia.

Baca: Peserta Sesparlu Sampaikan Siap Menjadi Jembatan Penghubung Bagi Investor Asing

Dalam sesi pemaparan dari para pebisnis Rusia, mereka dengan senang hati menjelaskan tentang seluk beluk bagaimana cara berbisnis dengan orang Rusia.

Selain itu disampaikan pula bagaimana cara mengidentifikasi reputasi seorang pebisnis Rusia yang dikatakan bonafid dan reputasinya dapat dipertanggungjawabkan atau malah berpotensi merugikan calon mitra dagangnya.

Suasana talkshow
Suasana talkshow "How to Penetrate Russian Market" yang digelar di gedung SMESCO Kementerian Koperasi dan UKM, Senin 12 Agustus 2019. (Windu Setiyoso/IST)

Dijelaskan pula berbagai peluang usaha di berbagai bidang antara lain furniture, kerajinan perak, kopi, cokelat, kacang mente, CPO dan produk turunannya, vanila, teh, kelapa serta produk hortikultura lainnya.

Para peserta talkshow sempat berinteraksi melalui Skype dengan Ms. Olga Bagryantseva, Direktur House of Indonesia yang bertempat di kota Vladivostok untuk mendapatkan tips berbisnis dengan Rusia.

House of Indonesia ini mendisplay dan menjual produk-produk Indonesia.

Pada akhir sesi Talk Show, para pihak pelaku bisnis dari UMKM Indonesia saling sharing, berbagi pengalaman tentang bagaimana mereka selama ini berbisnis dengan Rusia.

Pelaku usaha yang menyampaikan pengalamannya antara lain Ferry Sunarto.

Suasana talkshow
Suasana talkshow "How to Penetrate Russian Market" yang digelar di gedung SMESCO Kementerian Koperasi dan UKM, Senin 12 Agustus 2019. (Windu Setiyoso/IST) (Windu Setiyoso/IST)

Desainer papan atas yang atas undangan KBRI Moscow ini selama 4 tahun berturut-turut telah berhasil menyelenggarakan fashion show tunggal di kota Moscow yang berhasil menarik perhatian dan dipenuhi oleh para sosialita pecinta fashion dari Rusia.

Penulis: Nasaruddin
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved