Citizen Reporter

Peserta Sesparlu Sampaikan Siap Menjadi Jembatan Penghubung Bagi Investor Asing

Upaya lain yang tengah dikembangkan adalah memperpanjang bandara Salahudin di Bima dan pelabuhan Sape.

Peserta Sesparlu Sampaikan Siap Menjadi Jembatan Penghubung Bagi Investor Asing
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Pertemuan para peserta Sesparlu dengan Pemerintah terkait di gedung kantor gubernur Nusa Tenggara Barat, pada hari kamis, tanggal 8 Agustus 2019, 

Citizen Reporter

Peserta Sekolah Staf dan Pimpinan Kementerian Luar Negeri, Windu Setiyoso

PONTIANAK- Saat ini NTB memiliki 100 desa RPJMD yg ditetapkan sbg desa wisata. Antara lain Desa Sade dan desa di Sembalun yang berbasis agro, bahari dan budaya utk pengembangan ekonomi masyarakat desa.

Bertempat di gedung kantor gubernur Nusa Tenggara Barat, pada hari kamis, tanggal 8 Agustus 2019, rombongan 17 orang peserta Diklat Berjenjang Fungsional Diplomat pada Sekolah Staf dan Pimpinan Kementerian Luar Negeri (Sesparlu) Angkatan 62, para diplomat Kementerian Luar Negeri telah diterima dengan hangat oleh Ir. H. Ridwan Syah selaku Asisten ll Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan mewakili Gubernur NTB Dr. H. Zukieflimansyah SE, M.Sc,

Jargon NTB saat ini adalah "melawan kemiskinan dari desa desa." Apalagi saat ini desa memiliki dana desa 1 milyar. Gubernur NTB saat ini yang bergelar Doktor di bidang ekonomi industri sekaligus dosen di UI mencanangkan bahwa NTB akan melaksanakan Industrialisasi atau hilirisasi.

Pemerintah Daerah saat ini mengembangkan PIJAR (Sapi, jagung dan rumput laut). Sebagai contoh untuk jagung, hilirisasi dilaksanakan oleh pemerintah NTB dengan cara diolah dahulu menjadi bubuk jagung dan pakan ternak. Saat ini NTB telah menjadi salah satu provinsi berstatus swa sembada pangan.

Dari sisi infrastruktur, NTB memiliki 1 bandara internasional dan 2 bandara nasional, punya 8 pelabuhan utama, dan merupakan salah satu poros trans nasional Aceh - Los Palos di NTT dengan panjang jln nasional 600km dan Jalan provinsi sepanjang.400km. 

Baca: Perayaan Idul Adha, PLN Tunjukkan Komitmen Jaga Pasokan Listrik

Baca: Klasemen Liga Inggris | Cuplikan GOL, Jadwal Liga Inggris & Hasil | Manchester City Gusur Liverpool

Sulit menemukan jalan yg rusak di NTB. NTB saat ini termasuk provinsi terbaik pembinaan jalan. Listrik pun surplus dan sdh memiliki jaringan terinterkoneksi lombok sumbawa. NTB bencana akan membangun kabel laut untuk melakukan interkoneksi ini.

NTB ingin menjadi Singapura baru melalui ALKI 2 dan berkeinginan untuk mengambil peluang perkembangan tol laut dan infrastruktur kemaritiman dimana survey Bappenas, NTB memiliki potensi geografis pelabuhan laut dalam dgn kedalaman di atas 50m melalui Bandar laut Layangan yang diproyeksikan sebagai kawasan andalan nasional dengan nilai investasi dari korsel sebesar 200 trilyun bertajuk Global Hub Bandar Kayangan.

PT Newmont atau yg sekarang dikenal sebagai PT ANMT saat ini tengah membangun smelter dan industri turunan termasuk asam sulfat utk industri turunan nya berupa pabrik pupuk dan semen serta pabrik kabel yang akan beroperasi 2021. 

Peluang investasi di bidang pariwisata yang dimiliki oleh NTB saat ini adalah mereka tengah mengembangkan area kawasan Lasakosa alias Lambo, Sangiang, Komodo dan Sape. Dimana secara geografis pulau Komodo lebih dekat ke Bima di NTB daripada Kupang, NTT. Diharapkan para wisatawan masuk ke Komodo via NTB

Upaya lain yang tengah dikembangkan adalah memperpanjang bandara Salahudin di Bima dan pelabuhan Sape.

Program utama pembangunan investasi Provinsi NTB menurut Asisten Sekda pada saat ini ingin ramah dengan investor, memanjakan wisatawan dengan menyediakan aksesibilitas yg memadai dan membahagiakan orang NTB di negerinya sendiri.

Dalam diskusi dan tanya jawab dengan pihak Pemprov NTB, para peserta Sesparlu yang telah bekerja selama minimal 18 tahun di Kementerian Luar Negeri dan pernah menjalani penugasan sebagai diplomat di luar negeri minimal sebanyak 2 kali ini menyampaikan secara terbuka bahwa sebagai Diplomat, mereka bersedia untuk menjadi jembatan dan penyambung kepentingan antara investor asing di negara tempatmereka masing - masing bertugas kelak dengan pihak terkait di Pemprov NTB.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved