TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Mengenal Komunitas Sosial Lintas Suku dan Agama, Xing Fu

Xing Fu atau yang dikenal dengan Insan Bahagia merupakan sebuah komunitas yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan

TRIBUNWIKI: Mengenal Komunitas Sosial Lintas Suku dan Agama, Xing Fu
TRIBUNPONTIANAK/Rizki Fadriani
Ketua Xing Fu, Yap Cie Hun (kiri). Waka Phang Song Meng dan kedua anggota Xing Fu 

TRIBUNWIKI: Mengenal Komunitas Sosial Lintas Suku dan Agama, Xing Fu 

PONTIANAK - Xing Fu atau yang dikenal dengan Insan Bahagia merupakan sebuah komunitas yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan menjadi wadah bagi insan-insan yang haus akan berbagi kebahagiaan.

Komunitas yang diketuai oleh Yap Cie Hun ini siap menolong siapa pun yang dirasa kurang mampu secara finansial, untuk melakukan pengobatan. Yap Cie Hun menuturkan, jika Xing Fu juga telah menyiapkan dokter, yang seluruh biaya pengobatannya gratis dan akan ditanggung oleh Xing Fu sendiri melalui surat rekomendasi yang diberikan oleh Xing Fu kepada pasien yang memenuhi kriteria.

Selain itu, Xing Fu akan memberikan bantuan biaya kepada keluarga pasien kurang mampu, yang berasal dari luar Kota Pontianak yang membutuhkan biaya sehari-hari selama merawat keluarganya di Pontianak.

Xing Fu memiliki tim sosial yang akan mensurvei keadaan finansial calon pasien sebelum akhirnya menerima bantuan pengobatan gratis. Calon pasien haruslah berasal dari keluarga yang benar-benar kurang mampu.

Baca: Pemkab Sintang Serahkan 2 Ekor Sapi, Jarot Winarno: Semoga Tepat Sasaran

Baca: TRIBUNWIKI: Struktur Kepengurusan DPP PDI Perjuangan 2019-2024, Hasto Kembali Jadi Sekjen

Setiap tahunnya banyak orang yang telah terbantu dengan kegiatan sosial Xing Fu ini.

"Di ulang tahun pertama, pas seratus orang yang kita bantu pengobatannya. Di ulang tahun kedua sekitar 120an dan sekarang sudah memasuki ulang tahun ketiga yang nanti akan diadakan Desember dan kita targetkan 130-150 orang," ungkapnya saat ditemui di acara temu kangen anggota Xing fu di Restoran Fresh Resto pada Jumat malam.

Ia juga menuturkan jika ditahun ini telah ada sembila orang yang terbantu untuk operasi pemasangan Cimino sebagai akses cuci darah.

Komunitas yang berdiri tanggal 12 Desember 2016 ini menaungi 590 anggota yang berasal dari berbagai agama dan suku yang ada di Pontianak.

"Anggota kita ada dari Jakarta, Medan, Solo, Surabaya, Bandung, Samarinda, dan Sampit. Tapi semuanya adalah orang Pontianak yang pindah ke sana," imbuhnya kepada Tribun.

Ia berharap semua warga Pontianak bisa lebih banyak membentuk wadah sosial seperti Xing Fu, karena wadah seperti ini dapat membantu masyarakat yang kekurangan dan Xing Fu siap menaungi setiap insan yang ingin membantu sesama. 

Baca: Tak Perlu Keluar Uang Banyak, 5 Bahan Alami Ini Manjur Putihkan Ketiak

Baca: LIVE TVRI : Prediksi Skor Crystal Palace Vs Everton, Susunan Pemain & H2H Liga Inggris Malam Ini

Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved