Lembaga Swadaya Masyarakat Serda Hadir Untuk‎ Masyarakat Kalbar

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Serikat Pemuda (Serda) Kalbar melakukan deklarasi pertama mereka di What's Up Cafe

Lembaga Swadaya Masyarakat Serda Hadir Untuk‎ Masyarakat Kalbar
TRIBUNPONTIANAK/Hadi Sudirmansyah
Foto bersama Serikat Pemuda (Serda) Kalbar usai melaksan‎akan deklarasi 

Lembaga Swadaya Masyarakat Serda Hadir Untuk‎ Masyarakat Kalbar

PONTIANAK - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Serikat Pemuda (Serda) Kalbar melakukan deklarasi pertama mereka di What's Up Cafe, pada Kamis (8/8/19), malam.

LSM Serda yang merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat yang di bentuk oleh Serikat Pemuda Kalbar untuk masyarakat Kalbar dalam meninjau dan melakukan pengawasan setiap permasalahan yang terjadi di Kalimantan Barat.

Sejak tahun 2019, LSM ini hadir dan dibentuk oleh dewan pendiri Serda Kalbar bagi para pemuda yang mandiri, terbuka, berkesadaran hukum terhadap lingkungan.

Selain itu, visi lainnya yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi mengedepankan watak dan moral yang beradab, memiliki etos kerja dan semangat kekaryaan , serta disiplin yang tinggi berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila menjadikan Serda Kalbar untuk unjuk kepada masyarakat.

Kegiatan ini tentu menjadi sumber aktif dalam mengkritisi suatu permasalahan yang umum terjadi bagi masyarakat tanpa adanya bantuan dari pemerintah.

Ketua Serikat Pemuda Kalbar, Rovi Pahliwandari mengatakan tujuan utamanya dalam membangun Serda Kalbar ini adalah untuk menarik anak-anak muda yang berfikir kritis untuk menggali dan mengembangkan usaha-usaha dan mengembangkan potensi yang banyak dimiliki oleh anak muda Kalbar.

"Selain deklarasi juga sebenarnya kita akan mengadakan dialog kepada seluruh anggota Serda Kalbar yang mana kita juga mendatangkan narasumber langsung dari LBH Pontianak yang akan membahas bagaimana LSM ini bisa membangun sesuai dengan hukum yang berlaku," ujar Rovi.

Baca: KPU Sanggau Akan Tetapkan Caleg Terpilih Kabupaten Sanggau Besok

Baca: Puncak Ibadah Haji, Dr Syarif : Hikmah Wukuf di Arafah

Baca: LIVE TVRI Liga Inggris : West Ham Vs Man City, Tottenham Vs Aston Villa, Crystal Palace Vs Everton

Lanjutnya, LSM ini kini sudah beranggotakan 25 orang yang terdiri dari para pekerja, mahasiswa ataupun masyarakat umum. Dengan adanya deklarasi ini, visi dan misi juga ditunjukkan oleh Serikat Pemuda Kalbar seperti sebagai alat kontrol sosial dan penyeimbang pemerintahan dalam menentukan arah kebijakan publik dan menampung aspirasi dan keluhan masyarakat.

Adapun pihak LBH Pontianak yang menjadi narasumber ialah Ketua LBH Pontianak, Suparman, S.H, M.H mengaku sangat mendukung sekali upaya dan peran pemuda yang semakin berfikir maju untuk ikut memajukan Kalbar.

"Dalam Undang-undang sendiri tidak ada larangan dalam mbetuk suatu LSM, disini saya juga akan membagikan peran hukum yang sesuai dengan kaidah nya bagi para anggota Serda dan saya berharap deklarasi ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, namun bisa terus berkembang menjadi LSM yang sangat berguna bagi masyarakat," ujarnya dalam kegiatan tersebut.

Bagi Suparman, setiap masyarakat berhak untuk menyuarakan pendapat nya, apalagi dengan adanya organisasi yang memerankan suara rakyat. Ia bersama Serda Kalbar ingin berupaya untuk mengajak masyarakat berfikir luas bagaimana peranan pemuda Kalbar dalam memajukan pemikiran.

Serda Kalbar juga mengajak bagi siapa saja yang ingin bergabung, tidak ada syarat khusus hanya saja perlu mengisi formulir pendaftaran untuk menyatakan keanggotaannya.‎

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved