Pemkab Landak Verifikasi Hutan Adat Baru di Kecamatan Sengah Temila

Pemerintah Kabupaten Landak kembali akan menambah kawasan hutan adatnya. Kali ini calon hutan adat yang akan segera mendapat pengakuan

Pemkab Landak Verifikasi Hutan Adat Baru di Kecamatan Sengah Temila
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pemkab Landak Verifikasi Hutan Adat Baru 

Pemkab Landak Verifikasi Hutan Adat Baru di Kecamatan Sengah Temila

LANDAK - Pemerintah Kabupaten Landak kembali akan menambah kawasan hutan adatnya. Kali ini calon hutan adat yang akan segera mendapat pengakuan oleh pemerintah yaitu Hutan Adat Binua Laman Garoh yang terletak di Desa Keranji Mancal, Kecamatan Sengah Temila.

Untuk itu, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Landak dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Landak.

Didampingi oleh perwakilan Direktorat Penanganan Konflik, Tenurial dan Hutan Adat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia beserta Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Kalimantan.

Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah III Pontianak, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, mulai melakukan verifikasi dan validasi terhadap satu calon hutan adat Binua Laman Garoh seluas 195,72 ha pada Rabu (6/8/2019).

Proses verifikasi dan validasi ini akan berlangsung selama lima hari hingga 10 Agustus 2019.

Baca: UANG - Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 9 Agustus 2019, Ketegangan Zodiak SCORPIO & Terus Lanjutkan LEO

Baca: Gugatan PHPU Demokrat Kalbar Ditolak MK

Baca: Berikut Alasan Kenapa Pimpinan Harus Lebih Bijak Hadapi Bawahan

Dalam proses verifikasi dan validasi ini, turut hadir Kepala Desa Keranji Mancal Selsius bersama Timanggong Binua Laman Garoh F Alim O, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Keranji Mancal, Kepala Dusun, pengurus adat, dan tokoh masyarakat setempat.

Dilakukannya verifikasi dan validasi hutan adat ini merupakan tindak lanjut dari Penetapan Masyarakat Hukum Adat Binua Laman Garoh yang ditetapkan oleh Bupati Landak melalui Surat Keputusan Bupati Landak Nomor 660.1/103/HK-2019 tanggal 15 Februari 2019.

Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas dan Kerjasama pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Landak Ya’ Suharnoto ST MT mengatakan.

Verifikasi dan validasi hutan adat Binua Laman Garoh Desa Keranji Mancal Kecamatan Sengah Temila terdiri dari 20 poligon calon hutan adat, sesuai yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Bupati Landak Nomor 660.1/103/HK-2019 tanggal 15 Februari 2019.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved