Kapolres Singkawang Benarkan Pemulangan Warga Ketapang Diduga Korban TPPO dari Tiongkok

Bahkan informasi yang diperoleh sudah ada pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang diduga menjadi mak comblang dari korban tersebut.

Kapolres Singkawang Benarkan Pemulangan Warga Ketapang Diduga Korban TPPO dari Tiongkok
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi saat ditemui di ruang kerja, Jalan Firdaus 2, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Senin (24/6/2019).  

Kapolres Singkawang Benarkan Pemulangan Warga Ketapang Diduga Korban TPPO dari Tiongkok

SINGKAWANG - Polres Singkawang membantu kepulangan seorang perempuan berinisial Ys (26) warga Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang diduga menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dari Tiongkok ke Indonesia.

Semua berawal dari laporan korban yang masuk ke pengaduan Polres Singkawang sekitar satu Minggu yang lalu melalui akun Facebook Humas Polres Singkawang.

Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi membenarkan hal ini.

Ia mengatakan Polres Singkawang telah mendapat kepercayaan masyarakat dan Humas Polres Singkawang menjadi motor penggerak.

"Sebenarnya ini bisa pulang karena ada perhatian dari publik, netizen, bantuan dari semua pihak sehingga ini bisa kembali," katanya, Kamis (8/8/2019).

Baca: Warga Singkawang di Tiongkok Kerap Alami KDRT Meski Hamil Muda, Disekap di Hutan, Kini Ingin Pulang

Baca: Polres Singkawang Bantu Kepulangan Warga Ketapang dari Tiongkok, Diduga Korban TPPO

Kasus ini telah ditindaklanjuti oleh Polres Ketapang. Korban telah dijemput langsung oleh Kasat Reskrim Polres Ketapang bersama petugas Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) di Jakarta.

Bahkan informasi yang diperoleh sudah ada pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang diduga menjadi mak comblang dari korban tersebut.

"Dan saat ini sudah diproses," tuturnya.

Baca: Tiga Negara Bagian Tiongkok Menjadi Tujuan Pesanan Pengantin Kawin Kontrak

Baca: Polda Kalbar Dalami Dukcapil Yang Terbitkan Identitas Palsu Pengantin Pesanan Tiongkok

Ia berharap hal ini menjadi hasil yang baik bagi Kota Singkawang dan Kalimantan Barat. Tak hanya itu juga menjadi penggerak bagi seluruh Polres yang ada untuk menjalankan tugas untuk mengembalikan para korban.

Peristiwa ini diharapkan pula menjadi pelajaran bagi masyarakat. Jangan sampai terbuai oleh bujukan yang belum jelas hasilnya.

"Pada orang tua jangan terbuai," pesan Kapolres

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved