Hadapi Sejumlah Kendala, Serapan Anggaran Distan TPH Kalbar Baru Capai 34 Persen

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, Heronimus Hero mengatakan saat ini serapan anggaran tahun 2019

Hadapi Sejumlah Kendala, Serapan Anggaran Distan TPH Kalbar Baru Capai 34 Persen
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MIA MONICA
Hadapi Sejumlah Kendala, Serapan Anggaran Distan TPH Kalbar Baru Capai 34 Persen 

Hadapi Sejumlah Kendala, Serapan Anggaran Distan TPH Kalbar Baru Capai 34 Persen

PONTIANAK - Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat,  Heronimus Hero mengatakan saat ini serapan anggaran tahun 2019 baru mencapai 34 persen.

 “Posisi serapan anggaran kita baru mencapai 34 persen, seharusnya sudah 50 persen. Namun terdapat beberapa kendala di lapangan. Seperti adanya revisi kegiatan dan penyesuaian administrasi dari program yang diajukan, sehingga ini juga berdampak pada tertundanya anggaran,” ujar Heronimus Hero saat ditemui usai kegiatan Koordinasi Teknis Pengawas Benih Tanaman Tahun 2019 di Hotel Santika, Kamis (8/8).

 Lanjutnya, ia menyebutkan terdapat kegiatan atau program yang diserahkan langsung ke masyarakat. Dimana dengan begitu, secara admintrasi tentu dilakukan melalui pendampingan.

Baca: VIDEO: Wakili Kalbar Pada Paskibra Tingkat Nasional, Kepsek SMA N 1 Pontianak Beri Apresiasi Thalia

Baca: VIDEO: Kerjasama Dengan MUI, Pemkot Pontianak Berikan Penyuluhan Cara Penyembelihan Hewan Kurban

Baca: Prediksi Skor Persela Lamongan Vs Persib Bandung dan Pemain di Shoppe Liga 1 2019 LIVE Indosiar

 “Kemudian ada juga penerima kegiatan yang belum siap. Artinya segala kegiatan harus berdasarkan prosedur, untuk penyerapan anggaran juga harus dilakukan secara benar, apabila masih belum benar tentu akan kita revisi lagi,” jelasnya. 

Hero pun mencontohkan seperti terkait belanja yang masih diragukan. Apakah boleh atau tidak pihaknya melakukan untuk SPP SPMA, tentu dibutuhkan kepastian dan memperoleh solusinya.

“Misalnya dengan Disdikbud ada keraguan soal belanja untuk SPP SPMA. Makanya ada peninjauan dan setelah itu baru jelas hingga 2019 kita bisa belanja untuk SPP SPMA yang memang sebelumnya sudah dianggarkan,” terangnya.

 Hero pun optimis hingga akhir tahun nanti serapan anggaran Distan TPH Kalbar tetap bisa maksimal, bahkan mengingkat dibanding tahun lalu.

 “Tahun 2018 lalu serapan anggaran kita mencapai 93 persen. Dan tahun ini kita berharap bisa diatas angka tersebut. Kita akan terus berusaha agar penyerapan anggaran bisa maksimal,” pungkasnya.

Penulis: Mia Monica
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved