Buka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kependudukan, Ini Pesan Bupati Rupinus

Seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau yang wajib KTP-el agar masuk kedalam DP-4

Buka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kependudukan, Ini Pesan Bupati Rupinus
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kependudukan di Hotel Kapuas Palace, Rabu (7/8/2019). 

Citizen Reporter

Humas Pemkab Sekadau, Ade

SEKADAU - Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kependudukan di Hotel Kapuas Palace, Rabu (07/08/2019).

Acara yang berlangsung mulai tanggal 6-8 Agustus 2019 ini dibuka langsung oleh Bupati Sekadau, Rupinus. Dalam sambutannya Bupati Rupinus mengatakan, pemerintah daerah telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas pokok dan fungsi.

Sebagai upaya pemenuhan hak konstitusi warga Negara secara luas dan masyarakat Sekadau khususnya telah dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sekadau melalui Program dan kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Dokumen Kependudukan.

Baca: Peringati Hari Anak Nasional, Pemkab Kayong Utara Gelar Acara Hiburan

Baca: Pelantikan 3 Anggota DPRD di Bengkayang Bakal Alami Penundaan

"Kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah daerah guna mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan, sehingga masyarakat kabupaten sekadau mendapatkan data kependudukan perseorangan dan perlindungan hukum," ungkap Rupinus.

Berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) Semester I Tahun 2019 penduduk kabupaten sekadau berjumlah 213.467 jiwa, wajib KTP 154.348 jiwa, yang sudah melakukan perekaman KTP-el 141.966 jiwa, masih ada 12.382 jiwa yang belum melaksanakan perekaman sekitar 8% dari jumlah penduduk wajib KTP kabupaten sekadau.

"Berdasarkan hal tersebut saya meminta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten sekadau agar melaksanakan pelayanan jemput bola ke lokasi-lokasi yang sulit dijangkau, sekolah-sekolah dan lokasi penduduk rentan administrasi kependudukan mengingat masih ada 12.382 jiwa yang belum melakukan perekaman KTP-el," ujarnya.

Rupinus juga menghimbau kepada seluruh SKPD yang belum menjalin Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Disdukcapil kabupaten sekadau agar segera melaksanakan PKS guna memudahkan pengaksesan data sesuai kebutuhan SKPD masing-masing.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Sekadau, Suryadi mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pelayanan perekaman KTP-el dan kepemilikan KTP-el dalam rangka rangka persiapan Pemilukada Kabupaten Sekadau Tahun 2020.

"Seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau yang wajib KTP-el agar masuk kedalam DP-4 dan DPT Kabupaten Sekadau guna menggunakan hak pilihnya pada Pemilukada Tahun 2020," tukasnya.(*)

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved