Danau Sentarum Kering, Ini Penjelasan dari Arief Mahmud

Menurutnya, kekeringan Danau Sentarum itu biasa terjadi apabila terjadi kemarau panjang seperti saat ini.

Danau Sentarum Kering, Ini Penjelasan dari Arief Mahmud
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Danau Sentarum 

Danau Sentarum Kering, Ini Penjelasan dari Arief Mahmud

KAPUAS HULU - Kepala Balai Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Kapuas Hulu, Arief Mahmud menyatakan, saat ini kondisi di danau Sentarum sudah mengering karena musim kemarau.

"Danau Sentarum bisa dilewati kendaraan bermotor sampai ke tengah danau. Itulah keunikan Danau Sentarum, biasa untuk berkeliling danau mesti pakai speed boat atau pun long boat, tapi sekarang bisa menggunakan sepeda motor, karena Danau Sentarum mengering," ujarnya kepada wartawan, Rabu (7/8/2019).

Baca: IMTEK Dorong Desa Bangun Rumah Baca

Baca: Sholat Tahajud | Tata Cara Sholat Tahajud | Niat Sholat Tahajud! Beda Sholat Malam & Sholat Tahajud

Menurutnya, kekeringan Danau Sentarum itu biasa terjadi apabila terjadi kemarau panjang seperti saat ini.

Dimana masyarakat bisa mengendarai sepeda motor hanya kurang lebih 20 menit saja untuk menuju Pulau Sepandan. "Kemarau kali ini hanya menyisakan sedikit air di Danau Sentarum," ucapnya.

Sementara itu, Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan TNBKDS, Ahmad Sirojudin bahwa kekeringan Danau Sentarum saat ini dimanfaatkan masyarakat untuk mencari ikan, di sejumlah titik yang masih tersisi menyimpan air.

"Sekarang musimnya masyarakat panen ikan," ucap Sirojudin. Disampaikan Sirojudin, kondisi Danau Sentarum yang menjadi daratan ini juga memiliki pemandangan yang juga luar biasa, hamparan daratan seluas mata memandang," ungkap Arief Mahmud.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved