4 Lokasi di Wilayah Pontianak Utara Membara, Petugas Pemadam Berpacu Waktu Padamkan Api

Ditemui di lokasi kebakaran lahan di Jalan Parit Pangeran Pontianak setelah sebelumnya memadamkan api di jalan Selat Panjang dan Sungai Selamat.

4 Lokasi di Wilayah Pontianak Utara Membara, Petugas Pemadam Berpacu Waktu Padamkan Api
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FERRYANTO
Petugas Pemadam Kebakaran Siantan Hulu Wawan (bertopi) bersama rekannya setelah padamkan api di jalan Parit Pangeran Pontianak. Rabu (7/8/2019) 

4 Lokasi di Wilayah Pontianak Utara Membara, Petugas Pemadam Berpacu Waktu Padamkan Api yang Dekati Rumah Warga

PONTIANAK - Kebakaran lahan di wilayah Kota Pontianak masih terjadi pada hari ini rabu (7/8/2019).

Khusus di wilayah Pontianak Utara, kebakaran lahan bahkan terjadi di beberepa lokasi sekaligus sehingga membuat petugas pemadam kebakaran yang tergabung dalam pemadam kebakaran swasta harus berlomba - lomba dengan waktu memadamkan api agar si jago merah yang mendekati pemukiman warga tak turut melumat rumah warga.

Ditemui di lokasi kebakaran lahan di Jalan Parit Pangeran Pontianak setelah sebelumnya memadamkan api di jalan Selat Panjang dan Sungai Selamat.

Baca: dr Fujiyanto: Paparan Asap Kebakaran Hutan dan Lahan Picu Serangan Asma

Baca: FOTO: Kebakaran Lahan Terjadi di Dekat Permukiman Penduduk, Jalan Purnama Pontianak

Petugas Pemadam Kebakaran Swasta dari Pemadam Kebakaran Siantan Hulu bernama Wawan menyampaikan bahwa kondisi kebakaraan lahan di wilayah Kecamatan Utara semakin memprihatinkan.

Hal ini disebabkan kebakaraan telah semakin mendekati pemukiman warga dan bahkan ada yang mendekati sebuah sekolah, sehingga pihaknya harus berpacu dengan waktu kesana dan kemari untuk memadamkan api yang muncul di berbagai tempat.

"Kita ini mendapatkan info ada 4 titik api untuk di wilayah Pontianak Utara, di golf permai (jalan Selat panjang), didepan SD 05 (jalan parit pangeran), di jalan Darma Putra, sama di lapan (jalan sungai selamat dalam), dan untuk sementara ini kita hanya bisa blokir di ujung - ujungnya aja ini,"ungkapnya.

Baca: Kebakaran Lahan Capai 250 Hektare, Kades Sejegi Sebut Sudah Selayaknya Masyarakat Dievakuasi

Baca: Gubernur Sutarmidji Pastikan Sanksi Tegas Perusahaan yang Terlibat Kebakaran Lahan

"Dan saat ini kondisinya di wilayah Pontianak Utara ini sangat memprihatinkan ya, karena asapnya ini sangat tebal sekali, dan inikan juga sangat berbahaya sekali untuk anak - anak sekolah," imbuhnya.

Untuk kendala dilapangan, ia meyebutkan sumber air yang cukup jauh masih menjadi kendala, sehingga ia bersama petugas pemadam kebakaran swasta yang lain bersama - sama menyatukan selang dan berbagai air untuk menyebar ke berbagai titik api.

Iapun menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama - sama menjaga lingkungan agar tidak terjadi lagi kebakaraan hutan dan lahan, karena akan sangat mengganggu aktivitas masyarakat, khususnya bagi anak - anak sekolah yang ingin menimba ilmu.

"saya harap masing - masing menjaga lingkungan kita lah, jangan sampai terjadi musibah seperti ini, Soalnya sudah juga untuk masyarakat, terutama anak - anak yang mau sekolah, kalau kita kalau kita bisa bantu, kita bantu dengan semampu dan sekuat tenaga kita," jelasnya. 

Penulis: Ferryanto
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved