Citizen Reporter

Mahasiswa KKL IAIN Kelompok 6 Sosialisasi Kampus di Madrasah Aliyah Al-Khairiyyah

Sebagian siswa ketika dipertanyakan terkait dengan dunia perkulian, mereka rata-rata menjawab tidak ingin melanjutkan sekolah di perguruan tinggi.

Mahasiswa KKL IAIN Kelompok 6 Sosialisasi Kampus di Madrasah Aliyah Al-Khairiyyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Mahasiswa KKL IAIN Pontianak kelompok 6 melaksanakan kegiatan sosialisasi kampus di Madrasah Aliyah Al-Khairiyyah, satu pondok pesantren yang ada di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah. 

Citizen Reporter
Mahasiswa IAIN Pontianak, Heri Setiawan

MEMPAWAH – Mahasiswa KKL IAIN Pontianak kelompok 6 melaksanakan kegiatan sosialisasi kampus di Madrasah Aliyah Al-Khairiyyah, salah satu pondok pesantren yang ada di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

Bentuk kegiatan ini dilakukan dengan cara menampilkan profil kampus dan pemaparan dari masing-masing setiap jurusan atau program studi yang tergabung di dalam kelompok KKL di kelompok 6.

Jurusan yang tergabung di dalam kelompok 6 diantaranya, Ekonomi Syariah (ES), Komisi Penyiaran Islam (KPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Perbankan Syariah, Hukum Keluarga Islam (HKI).

Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memperkanlkan kampus kepada masyarakat, terlebih lagi jika sasaran sosialisasi ini adalah di pondok pesantren, karena bisa dikatakan bahwa sebagian besar mahasiswa yang sedang berkuliah di IAIN Pontianak adalah mereka yang berasal dari pondok pesantren baik yang berasal dari dalam daerah maupun di luar daerah.

Sebagian siswa ketika dipertanyakan terkait dengan dunia perkulian, mereka rata-rata menjawab tidak ingin melanjutkan sekolah di perguruan tinggi.

Baca: Ramalan Zodiak Karier Senin 5 Agustus 2019, Ide Indah Kepada Pisces, Keberuntungan Tak Terduga Leo

Banyak faktor yang menyebabkan mereka tidak ingin melanjutkan sekolah tersebut, diantaranya karena keterbatasan biaya, tidak memiliki motivasi, tidak bersemangat, serta kondisi perekonmian yang tidak mumpuni. Namun dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini, para mahasiwa harus mampu memberikan semangat serta memotivasi para siswa yang terkendala ingin masuk keperguruan tinggi.

“Program sosialisasi kampus yang kita lakukan dalam program kerja KKL ini sangat penting untuk kita laksanakan, selain unutk memperkenalkan kampus, tujuan yang lainnya adalah kita dapat memberikan semangat serta motivasi kepada adik-adik kita yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi “ ujar Heri Setiawan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 52 siswa-siswi yang tergabung di kelas XI dan XII. Para siswa sangat antusias menyimak sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa IAIN Pontianak. Mereka mengaku sangat senang dengan kedatangan mahasiswa dari IAIN Pontianak karena dengan kedatangan para mahasiswa, mereka dapat mengetahui informasi mengenai dunia perkulihan.

“ Saya sangat merasa senang dengan kehadiran kakak-kakak mahasiswa dari IAIN Pontianak, karena dengan kedatangan kakak memberikan informasi terkait dunia perkuliahan, sehingga kami nantinya bisa bersemangat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi “ ujar Nurul, salah satu siswi di pondok pesantren tersebut.

Pihak dari pondok pesantren sangat terbuka bagi para mahasiswa yang ingin mensosialisasikan kampusnya di pondok tersebut.

Dengan adanya kegiatan seperti ini pihak pondok pesantren mengaku terbantu untuk mengetahui informasi tentang profil kampus yang ada di Kalimantan Barat.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved