Teknologi Zaman Now Menyulap Pelayanan Kesehatan Era JKN-KIS Jadi Lebih Efektif

Achmad Gunawan (24) adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Kota Pontianak. Pengalamannya sebagai peserta JKN-KIS

Teknologi Zaman Now Menyulap Pelayanan Kesehatan Era JKN-KIS Jadi Lebih Efektif
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Gunawan PPU 

Teknologi Zaman Now Menyulap Pelayanan Kesehatan Era JKN-KIS Jadi Lebih Efektif

PONTIANAK – Achmad Gunawan (24) adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Kota Pontianak. Pengalamannya sebagai peserta JKN-KIS yang pernah mengakses layanan di fasilitas kesehatan menghantarkannya sebagai salah satu pemenang lomba vlog Faskes Zaman Now yang di selenggarakan BPJS Kesehatan beberapa waktu lalu.

Sebagai generasi millenial, Gunawan sapaan akrabnya merasakan saat ini teknologi sangat mendominasi seluruh kegiatan manusia. Salah satu yang membuatnya takjub yaitu teknologi yang digunakan pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS). Mulai dari Rujukan Online sampai Aplikasi Mobile JKN menurutnya membuat praktis rangkaian administrasi dalam pelayanan kesehatan yang dulunya dilakukan secara manual.

“Beberapa waktu lalu saya berobat ke salah satu Puskesmas, karena perlu penanganan lebih lanjut dokter merujuknya ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (rumah sakit), melalui sebuah aplikasi dokter merujuk saya ke Rumah Sakit terdekat dengan fasilitas yang saya butuhkan serta jam pelayanan yang sudah ditentukan sehingga tidak perlu membawa banyak berkas dan bertanya-tanya lagi tentang jadwal praktek dokter di rumah sakit tujuan,” tutur Gunawan.

Baca: SEDANG LIVE: MotoGP Ceko 2019, Marquez di Depan, Rossi 6, Cek Link Streaming Trans7

Baca: DELAY - Lintasan Basah, Start MotoGP Ceko 2019 Masih Ditunda, Cek Link Streaming Trans7

Baca: Main Bersama Anak dan Kenalkan Permainan Tradisional Dapat Geser Gadget

Gunawan bertanya ke petugas di Puskesmas, petugas menerangkan saat ini untuk rujukan BPJS Kesehatan telah menerapkan sistem rujukan online. Sistem digitalisasi rujukan yang sangat efektif digunakan oleh peserta JKN-KIS. Dengan rujukan online, peserta tak perlu memikirkan dimana harus mendapatkan layanan kesehatan lanjutan, melalui aplikasi rujukan online peserta langsung akan mendapatkan pilihan Rumah Sakit sesuai dengan kebutuhan medis, kapasitas di rumah sakit serta jarak tempuh yang mudah di akses peserta.

Tiba di rumah sakit rujukan, Gunawan merasa sangat terbantu karena sistem telah secara otomatis merujuknya dengan fasilitas kesehatan yang ia butuhkan tanpa menunggu lama .

“Di rumah sakit saya dilayani dengan sangat baik dan cepat tanpa harus menunggu lama, hal ini bukti nyata sistem telah memudahkan kita dalam bekerja dan beraktifitas. Satu lagi yang harus saya ceritakan setelah menerima pelayanan kesehatan saya tidak mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Dan yang lebih luar biasa, BPJS Kesehatan telah menciptakan aplikasi Mobile JKN di mana salah satu keunggulannya saya dapat melihat riwayat pelayanan kesehatan yang telah saya terima. Ini luar biasa,” tutup Gunawan.

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved