Citizen Reporter

KKL Kelompok 31 IAIN Pontianak di Desa Pasak Gelar Bimbel Gratis, Anak-anak Antusias

Program ini merupakan sebuah terobosan mengingat sebelumnya belum pernah ada bimbel yang mengajar secara intensif.

KKL Kelompok 31 IAIN Pontianak di Desa Pasak Gelar Bimbel Gratis, Anak-anak Antusias
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Antusiasme Anak-anak Mengikuti Bimbel di Parit Bugis Desa Pasak Kec Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya 

Antusias Anak-anak Mengikuti Bimbel di Parit Bugis Desa Pasak Kec Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya

Citizen Reporter
Musli
Mahasiswa IAIN Pontianak

PONTIANAK - Kelompok 31 Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2019 menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Belajar (Bimbel) Gratis untuk anak-anak Desa Pasak, Parit Bugis, Kab. Kubu Raya.

Kegiatan Bimbel Gratis perdana digelar pada Senin (02/08) di Surau Nurul Huda samping posko, selama KKL berlangsung kegiatan bimbel gratis ini diinisiasi sebagai upaya pemberdayaan pendidikan.

Bimbel dilaksanakan rutin setiap hari Jumat hingga Rabu pukul 18.30 sampai pikul 20.15 menit, anak-anak yang berpartisipasi mulai dari jenjang Pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan (MI) Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Menengah Dasar (SMP) Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Baca: Mahasiswa KKL IAIN Pontianak Kelompok 36 Gotong Royong Bersama Warga Rantau Panjang

Baca: LP2M IAIN Pontianak Tetapkan Tayan Hilir Jadi Kampung Riset, Berikut Alasannya

Mereka berkumpul untuk mengikuti kegiatan bimbel ini dengan semangat dan antusias, diawali dengan membaca doa kegiatan pun dimulai.

Program Bimbel Gratis ini disambut baik oleh masyarakat dan kepala Desa Pasak karena dari sebelumnya Bimbel seperti ini belom pernah ada, terlihat dari anak-anak yang mengikutinya yaitu terdiri dari 20 anak SD dan MI dan 15 anak SMP dan MTS, Bahkan semakin harinya semakin bertambah yang datang.

Walaupun dengan fasilitas yang sederhana tidak mengurangi minat belajar siswa/i. Hal ini di buktikan dengan adanya beberapa siswa/i yang hadir dari desa tetangga yang jaraknya cukup jauh, sehingga mereka pergi bimbel di antar orang tuanya.

Baca: LP2M IAIN Pontianak Tetapkan Sanggau Menjadi Lokasi Kampung Riset 2019

Baca: Mahasiswa KKL IAIN Pontianak di Natuna Tetap Ajar Anak-anak Membaca Alquran Meski Kondisi Mati Lampu

Liansyah selaku anggota KKL 31 mengungkapkan acara bimbel ini sangat membantu terlihat kemampuan membaca anak-anak masih rendah jadi belajar sambil bermain adalah salah satu teknik yang dapat mempercepat proses pembelajaran, teman teman kelompok KKL 31 juga cukup antusias untuk mengajar walaupun dari berbagai program studi yang berbeda.

Program ini merupakan sebuah terobosan mengingat sebelumnya belum pernah ada bimbel yang mengajar secara intensif.

Walaupun dalam 40 hari tapi anggota KKL 31 selalu memberikan yang terbaik, terlihat dari jumlah murid yang selalu bertambah setiap hari nya, Senin (02/08/2019).

"Sadi selaku tuan rumah dan tokoh masyarakat setempat sangat mendukung dengan adanya kegiatan bimbel ini, hal ini di maksudkan agar para siswa/i semangat dalam belajar, semangat mengerjakan PR nya disebabkan karena ada mahasiswa disini. Dengan adanya mahasiswa IAIN Pontianak diharapkan mampu memberikan warna baru proses pengajaran dikarenakan mahasiswa disini pasti punya ilmu yang dapat di bagi ke pada siswa maupun kepada para guru," ujar Liansyah.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved